Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Plt Bupati Palas Lantik 104 Kades Terpilih: Kompetisi Telah Usai, Tidak Ada Lagi Rivalitas, Rangkul Semua Elemen.

Kamis, 28 Juli 2022, Juli 28, 2022 WIB Last Updated 2022-07-28T15:14:18Z
Plt Bupati Palas Lantik 104 Kades Terpilih: Kompetisi Telah Usai, Tidak Ada Lagi Rivalitas, Rangkul Semua Elemen.


Padang Lawas (JP online)

Plt. Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si melantik dan mengambil sumpah 104 Kepala Desa terpilih pada Pilkades Serentak yang di gelar pada 12 Juli 2022 yang Lalu di Halaman Kantor Bupati Palas, Komplek SKPD Terpadu Sigala Gala, Jalan Lintas Sibuhuan-Sosa, Kecamatan Barumun. Kamis (28/07/2022).

Mengawali sambutannya Plt. Bupati Palas, drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si., menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh kepala desa yang dilantik dengan harapan semoga pelantikan ini menjadi langkah awal mengabdi kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat di desa yang pimpin.

Plt. Bupati Palas juga menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginnya atas pengabdian dan dharma bakti kepala desa dan penjabat kepala desa sebelumnya.

Lebih lanjut Plt. Bupati mengatakan, sebagai aparat pemerintah yang memperoleh mandat dari masyarakat maka kepala desa harus mengakar, dekat dengan  masyarakat dan menjalankan tugas pokok kepala desa sebagai pengayom dan pelayan masyarakat.

"Kepala desa mempunyai jam kerja 24 jam dalam sehari, untuk itu anda harus siap bekerja dan melayani warga selama 24 jam sehari semalam, abdikan dirimu untuk kemaslahatan masyarakat, bersikap adil tanpa memandang siapa dia, apakah pendukung atau bukan. 

Kepala desa yang dilantik ini bukan kepala desa yang memilih anda kemarin, tetapi kepala desa seluruh masyarakat desa. Jadikan kehadiran anda sebagai pemersatu, tutup celah perpecahan, hilangkan gep, tidak ada lagi rivalitas karena kompetisi telah usai, rangkul semua elemen masyarakat karena saatnya anda bekerja untuk melayani warga desa, Tegas Plt. Bupati Palas.

Selain itu Ditambahkan Plt. Bupati Palas agar Kepala Desa dapat menjalankan roda pemerintahan desa, membina dan memberdayakan masyarakat desa karena ini adalah tugas kepala desa sesuai dengan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014, 

Kemudian Plt. Bupati juga berpesan agar kepala desa yang dilantik agar membuat ruang informasi terbuka kepada masyarakat. Penggunaan dana desa dilakukan dengan cara rembug dalam musyawarah desa juga melibatkan masyarakat dalam pemanfaatan dana desa.

"Manfaatkan dana desa sesuai peruntukannya, tenaga kerja di masyarakat desa harus dapat diberdayakan melalui padat karya agar masyarakat memperoleh pendapatan, yang berimbas pada pergerakan ekonomi di masyarakat sehingga dapat menguragi angka kemiskinan di desa. 

Disamping itu bantuan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu saya berpesan agar disalurkan  tepat sasaran kepada yang berhak sesuai harapan pemerintah", lanjut Plt. Bupati.

Sebelum mengakhiri sambutannya Plt. Bupati juga dengan tegas mengatakan bahwa kepala desa tidak boleh sembarang mengganti perangkat desa tanpa alasan yang jelas. Ia juga berpesan Mekanisme penggantian perangkat desa sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 harus dipedomani dengan benar.

" Saya berharap tidak ada  pergantian perangkat desa yang tidak sesuai mekanisme, arahkan perangkat desa untuk bekerja sesuai tupoksinya sehingga kepala desa dan perangkat desa bisa sinkron dalam menjalankan pemerintahan desa, imbuh Plt. Bupati

"Sekali lagi saya tekankan, kepada kepala desa yang dilantik hari ini, Life must go on, jangan lagi saling menyudutkan, jangan lagi ada perpecahan, yang lalu biarlah berlalu, mari kita menapaki masa depan yang lebih baik agar tidak tertinggal dengan daerah yang lain. Ayo bekerja bersama menuju Kabupaten Padang Lawas yang semakin bercahaya.

Terakhir jaga tingkah laku,  jangan ada kepala desa yang terjebak dalam tindakan amoral, terjerumus dalam tidakan hukum, kekerasan rumah tangga, perselingkuhan dsb. Kepala desa harus menjadi contoh yang baik, pemimpin yang bijaksana serta
panutan bagi semua warga desa, pungkas Plt. Bupati

Sementara dalam laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa M.Faisal Amrin Siregar S.AP, MM menyampaikan, bahwa pemberhentian dan pengangkatan 104 Kepala Desa dilaksanakan berdasarkan Keputusan Bupati Padang Lawas Nomor 141/269/KPTS/2022.

Kepala Desa Definitif bertugas menjalankan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di desa sesuai peraturan perundang undangan dengan masa jabatan 6 tahun TMT 2022 -2028.

Tampak terlihat Hadir pada pelantikan ini, Ketua DPRD Kab. Palas Amran Pikal Siregar S.Sos, Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan, Wakapolres Kompol JW. Sijabat, Pabung Kodim 0212/TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, Perwakilan Kajari, Perwakilan dari Pengadilan Negeri, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Bustami Harahap, S.Sos , Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Drs. Marza Jennova, MM Pimpinan OPD serta Camat, Ketua MUI H. Ismail Nasution LC,  Pimpinan Cabang Bank Sumut Sibuhuan Indrasyah Edison, Ketua Apdes Hamdani Daulay, Ketua PPDI Raden Saleh Hasibuan. (Armen/AH2)

Ketenangan Fhoto :

Plt Bupati Palas drg. H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, saat berikan sambutannya pada pelantikan Kades Terpilih
Komentar

Tampilkan

  • Plt Bupati Palas Lantik 104 Kades Terpilih: Kompetisi Telah Usai, Tidak Ada Lagi Rivalitas, Rangkul Semua Elemen.
  • 0

Terkini