Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

PLT. Bupati Palas, Rumah RJ Hidupkan Kearifan Lokal Musyawarah Untuk Damai.

Jumat, 22 Juli 2022, Juli 22, 2022 WIB Last Updated 2022-07-21T19:37:57Z




Padang Lawas (JP Online)

Kejaksaan Tinggi Sumaters Utara (Kejatisu) meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) di 26 Kabupaten/Kota Sumatera Utara (Sumut), serentak secara virtual yang dipusatkan di Kabupaten Deli Serdang, termasuk didalamnya Kabupaten Padang Lawas (Palas), Rabu. (20/07/22).

Peresmian Rumah RJ dipimpin oleh Wakil Kejatisu Edyward Kaban, SH., MH. mewakili Kajatisu Idianto, SH, MH.

Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Teuku Herizal, SH., MH., bersama sama Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., M.Si,  Wakil Ketua II DPRD Sahrun Hasibuan, Kapolres AKBP Indra Yanitra Irawan SIK, M.Si., Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan M. Syaifuddin S.HI, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan Dharma Putra Simbolon, Pabung 0212/TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, Sekda Arpan Nasution S.Sos, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Padang Lawas.

Selain itu juga turut dihadiri, Kakan Kemenag H. Abdul Manan MA, Pimpinan PT. Bank Sumut Kanca Sibuhuan Indrasyah Edison, Pimpinan PT. Bank BRI Kanca Sibuhuan Edy Waluyo, Pimpinan BSI Kanca Sibuhuan, Ketua MUI H. Ismail Nasution LC, Ketua BPA Sutan Parlindungan Hasibuan, Ketua PAMK H. Pauzan Hamidi Hasibuan S.Ag, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, AMPI, IPK, PP, FKPPI dan ORMAS, OKP lainnya, menyaksikan dan mengikuti peresmian ini di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan, Lingkungan VI, Padang Luar, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.

Kepala Kejaksaan Negeri Padang Lawas Teuku Herizal, SH., MH., pada sambutannya menjelaskan bahwa, Rumah Restorative Justice merupakan wadah atau lembaga untuk penyelesaian suatu perkara pidana ringan di luar pengadilan melalui musyawarah dan mufakat yang disepakati korban, pelaku, dan didukung oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat berdasar Peraturan Jaksa Agung RI No.15 Tahun 2020.

Penyelesaian sengketa pada model RJ dititikberatkan pada penyelesaian sengketa dilingkungan kasus kasus perdata dan tindak pidana ringan yang dapat ditempuh melalui mediasi yang lebih mengutamakan terjadinya kesepakatan antara pihak yang berperkara, dengan kepentingan masa depan.

Keberadaan rumah RJ bukan berarti melindungi pelaku dari kejahatan akan tetapi  untuk keadilan bersama. Penyelesaian model RJ di lihat dari kasusnya sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada. 

Lanjut Herizal, jika bisa diselesaikan secara mufakat, bersama tokoh masyarakat dan pihak terkait, kasus yang dihadapi masyarakat bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

Adapun syarat syarat RJ adalah :
(1) Tindak Pidana yang baru pertama kali dilakukan.
(2) Kerugian di bawah Rp 2,5 juta.
(3) Adanya kesepakatan antara pelaku dan korban.
(4)Tindak pidana hanya diancam dengan pidana denda atau diancam dengan pidana penjara tidak lebih dari 5 (lima) tahun.

"Pada akhirnya dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa serta ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas atas dukungannya sehingga peresmian Rumah Restorative Justice di 17 Kecamatan dapat direalisasikan, ucap Herizal diakhir sambutannya.

Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., M.Si, sangat mengapresiasi progran kerja Kejaksaan Agung melalui Kejaksaan Negeri Padang Lawas atas peresmian rumah RJ dilingkungan Pemkab. Padang Lawas untuk menyelesaikan perkara perkara tertentu tanpa harus masuk jalur hukum.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kajari bersama jajarannya. Program ini adalah satu hal yang sangat positif untuk masyarakat Kabupaten Padang Lawas terhadap penyelesaian permasalahan hukum yang berpeluang bisa diselesaikan dengan damai tanpa harus dilanjutkan kemeja hijau dengan syarat yang telah ditentukan.

Rumah RJ merupakan revitalisasi kearifan lokal dalam budaya kita. Rumah RJ akan menghidupkan kembali budaya musyawarah untuk mencapai perdamaian dalam setiap penyelesaian sengketa dimasyarakat, jelas Plt. Bupati Palas.

Disamping itu Lanjut Plt Bupati Palas, Dalam budaya kita, sejak zaman nenek moyang dulu, misalnya anak anak kita terlibat perkelahian yang mengakibatkan salah seorang luka ringan, atau tertabrak sepeda motor dan lain sebagainyan. Maka persoalan ini tidak lantas masuk ke meja hijau, tetapi di selesaikan lebih dahulu secara damai dimana pihak penabrak atau salah seorang yang berkelahi membawa nasi upah upah disertai tali asih sebagai  bentuk penyesalan dan permohonan maaf, Ujar Plt. Bupati.

Saya yakin melalui peresmian Rumah RJ ini InsyaAllah, masyarakat akan mendapatkan pemahaman tentang manfaat penyelesaian masalah dengan model Rumah RJ sehingga keharmonisan dan kedamaian dapat tercipta menuju Padang Lawas yang Bercahaya, tutup Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht., MM., M.Si.

Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adhyaksa ke 62 Tahun 2022, usai peresmian Rumah RJ acara dilanjutkan dengan pelaksanaan penandatangan MoU Kerjasama Bantuan penyelesaian masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara antara Pemkab Padang Lawas dan Kejari Padang Lawas. (Armen/AH2)

Editor (kr Sinaga)
Komentar

Tampilkan

  • PLT. Bupati Palas, Rumah RJ Hidupkan Kearifan Lokal Musyawarah Untuk Damai.
  • 0

Terkini