Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

KABAN BPMD BATUBARA DIDUGA " TO HIDE FACTS "

Kamis, 01 September 2022, September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-09-01T12:44:37Z





Batu Bara,((JP Online)

         Dana Desa yang disinyalir dikorupsi oknum Kades baik yang sudah divonis pengadilan maupun yang sedang dalam daftar dugaan masuk dalam pencarian orang,sepanjang belum membuat SPJ (Surat Pertanggung Jawaban)dianggap Kementerian bahwa uang tersebut belum dibelanjakan dan masih berada utuh di Rekening Kas Desa,dan semisal besaran dana Desa Rp.100.000,-(Seratus ribu rupiah)/Desa,uang yang diambil knum yang tak bertanggung jawab semisal Rp.25.000,-(Duapuluhlima ribu rupiah)maka dana transfer Kemenkeu ke rekening Desa adalah Rp.75.000,-(Tujuhpuluh lima ribu rupiah)atau ditarik dahulu Rp.25.000,-(Duapuluh lima ribu rupiah)agar tetap dipenuhi dana Desanya Rp.100.000,-(Seratus ribu rupiah)hal itu disampaikan KABAN BPMD Kab.Batu Bara,RADIANSYAH LUBIS,kepada Media di Kantor Desa KWALA GUNUNG,Rabu.31.08.2022. Selanjutnya kalau dahulu dana Desa itu melalui Kas Daerah,sekarang sudah langsung transfer dari Kemenkeu ke Rekening Desa,dan untuk lebih meyakinkan silahkan Bapak berkunjung ke Kantor KPKN di Tanjung Balai,"kata RADIANSYAH LUBIS".
        Ketika awak media mennykan aturan Regulasinya, RADIANSYAH LUBIS,mengatakan "nanti kita lihat dulu" jawabnya.
     Fakta dilapangan ditemukan bahwa pemotongan yang dimaksud diatas tidak dilakukan sekali gus,tetapi setiap tahunnya sampai dianggap lunas .
       Sebagai landasan sederhana diambil regulasi terkait dan Desa dalam pemberitaan ini adalah;Himpunan Hukum Keuangan Negara dan Himpunan Peraturan diatas dapat memberikan pencerahan terkait fenomena Dana Desa yang terjadi ,khususnya Kabupaten BATUBARA.
      Kembali aktivis NGO. D.MUNTHE,dimintai tanggapan beliau Rabu.31.08.2022. menyebut konsekwensinya,jika uang Dana Desa dikorup ,pelaku korup dihukum dan dana Desa akan dikurangi dari yang seharusnya diterima Desa tersebut,maka diperlukan pengawasan yang cukup ketat,atau super ketat dari badan atau lembaga di Internal Desa dan External.Saya memberi saran dilakukan  sebuah aplikasi sistim informasi managemen,penganggaran,pelaporan khusus yang dapat diakses seluruh Desa di Kabupaten BATUBARA,dan masyarakat umum,demi taranfaransi dan akuntabilitas dana Desa lebih ter arah dan terukur,mengantisipasi dari kecurangan,indikasi Korupsi.Hal ini harus segera dilakukan,sebab diduga Sikeudes maupun sistim Informasi Desa disebut SID ,produk Kemendes,tidak dapat diakses masyarakat dan sosialisasinya dimasyarakat seolah"terbuka tertutup",kesannya tersembunyi atau di sembunyikan oleh fihak yang kurang bertanggung jawab,anti taranfaransi,tuturnya.
    Tim Media dan aktivis NGO. D.Munthe,juga mendapat informasi yang layak dipercaya diseputaran Kabupaten BATUBARA,adanya kegiatan yang diduga "titipan" oknum pejabat berpengaruh di pemerintahan bermoduskan"pinjam tangan,pinjam perusahaan yang tidak diusulkan dalam MUSDUS maupun MUSDES.
       Ironisnya bahkan Desa menganggarkan di APBDes,diduga tidak ditandatangani Ketua BPD,akibat rekayasa tertutup dengan maksud tertentu,TO HIDE FACTS ?
     Saatnya bersih-bersih,taranfaransi Dana Desa.

(089)

Editor (Kr Sinaga)
Komentar

Tampilkan

  • KABAN BPMD BATUBARA DIDUGA " TO HIDE FACTS "
  • 0

Terkini