Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Hadiri Seminar Kesehatan, Ely Berharap Dapat Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Serviks.

Selasa, 25 Oktober 2022, Oktober 25, 2022 WIB Last Updated 2022-10-24T22:45:01Z

Madina | jurnalpost.net

  Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Ny Eli Mahrani Jafar Sukhairi Nasution Menghadiri Workshop dan Seminar Kesehatan di Hotel Rindang, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Minggu (25/10/2022).


Seminar kesehatan tersebut mengangkat tema tata laksana deteksi dini kanker serviks dengan metode pemeriksaan IVA test di masa pandemi Covid-19.
Eli menyampaikan perempuan sebagai tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa dalam membentuk karakter bangsa.
"Tentunya ini memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi," kata Eli.

Kegiatan workshop dan seminar kesehatan ini, kata Eli merupakan salah satu upaya pelayanan kesejahteraan perempuan dengan cara deteksi dini kanker serviks.
Ibu Bupati ini berharap agar semoga kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidan dalam melakukan pelayanan kesehatan reproduksi pada wanita.


"Saya ucapkan terima kasih kepada PC IBI Kabupaten Madina atas sumbangsihnya dalam ikut serta memajukan standar pelayanan kesehatan di Kabupaten Madina dan harapan saya semoga YKI dapat bersinergi dengan organisasi IBI dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan perempuan di Kabupaten Madina," kata Eli.


Eli menyampaikan kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak menelan korban pada wanita di seluruh penjuru dunia.
Menurut data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya dilaporkan ada 15.000 kasus kanker serviks setiap tahunnya yang terjadi di Indonesia.


"Sayangnya, deteksi dini seperti dengan tes pap smear rutin masih belum menjadi perhatian umum.

 Apalagi kanker serviks ini juga tidak akan menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar dan memasuki tahap stadium lanjut," katanya.(Zakaria)

   Editor (kr Sinaga)
Komentar

Tampilkan

  • Hadiri Seminar Kesehatan, Ely Berharap Dapat Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Serviks.
  • 0

Terkini