Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Turun dari Mimbar Kehormatan, Jokowi Salami Komandan Upacara

Sabtu, 17 Agustus 2019, 18.29 WIB Last Updated 2020-11-20T22:44:43Z

GLOBALMEDAN.COM - JAKARTA, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyita perhatian tamu undangan Peringatan Upacara Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Jokowi tiba-tiba turun dari mimbar kehormatan dan menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo.

Momen tersebut terjadi setelah prosesi Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Pengibaran Sang Saka Merah Putih. Jokowi yang mengenakan baju adat Bali, langsung keluar dari mimbar kehormatan dan menyalami Hariyo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menepuk-nepuk pundak Hariyo. Para tamu undangan yang hadir langsung beteriak riuh dan bertepuk tangan.

Selain menyalami Komandan Upacara, Jokowi juga menyalami para pejabat negara dan tamu undangan yang hadir. Adapun pejabat negara yang tampak hadir antara lain, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wapres ke-6 RI Try Seoeriso, dan para menteri kabinet kerja.

Para tamu undangan yang terdiri dari warga terlihat sangat antusias saat Jokowi menghampiri mereka. Tak ayal, mantan Walikota Solo itu menjadi sasaran yang ingin berswafoto dan bersalaman.

Usai menyalami warga, Jokowi kemudian masuk ke Istana Merdeka Jakarta untuk mengadakan pertemuan internal dengan pejabat negara. Sementara tamu undangan, mulai meninggalkan lokasi upacara.

Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo yang didapuk sebagai Komandan Upacara adalah lulusan Akademi Angkatan Laut 1997. Saat ini Hariyo menjabat sebagai Kepala Departemen Strategi Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Sementara yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Infanteri Ar Razi Furqon Darya. Saat ini, ia bertugas sebagai Komandan Kompi Senapan A Batalyon Infanteri Raider 500, Sikatan, Kodam V Brawijaya.

Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal Syafruddin, Kepala Staf Garnisun Tetap I Jakarta. Syafruddin merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989.

Dalam upacara pagi ini, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang didaulat bertugas mengibarkan sang saka merah putih dalam Tim Merah.

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi anggota Paskibraka perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Salma saat ini menempuh pendidikan di SMA Pradita Dirgantara.

Usai menjadi pimpinan upacara HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi sempat turun mimbar menyalami sebagain tamu undangan. Jokowi juga menyalami pemimpin upacara yang bertugas pagi ini. (*/lip6)
Komentar

Tampilkan

  • Turun dari Mimbar Kehormatan, Jokowi Salami Komandan Upacara
  • 0

Terkini