Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Gubsu: MUI Harus Lahirkan Program yang Bermanfaat bagi Umat

Rabu, 23 Oktober 2019, 11.10 WIB Last Updated 2020-11-20T22:43:12Z


GLOBALMEDAN.COM-MEDAN, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara (Sumut) telah menggelar acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang ke IV di Asrama Haji Medan, Selasa(22/10). MUI Pusat telah menetapkan MUI Sumut  sebagai MUI terbaik di seluruh Indonesia.

Demikian yang diungkapkan Ketua Bidang Hukum MUI Pusat Drs H Basri Barmanra saat menghadiri acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV MUI Sumut 2019.Rakerda dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi. 

Dalam sambutannya, Gubsu mengucapkan selamat untuk pencapaian dan pelaksanaan Rakerda. Berharap agar MUI senantiasa menjadi payung umat yang mampu melindungi dari berbagai persoalan.


"MUI itu tidak hanya berbicara dan terbatas pada soal keagamaan, lebih luas dari itu, juga persoalan ketuhanan, persoalan kemanusiaan, persoalan bangsa. Eksistensi MUI berbanding lurus dengan kemajuan dan kondisi Republik ini," harapnya.


Edy Rahmayadi mengaku selalu menyempatkan hadir di setiap acara MUI dan mendatangi ulama. Sebagai umara (pemimpin), kata Edy, sudah menjadi kewajiban baginya untuk meminta petunjuk dan bimbingan dari para ulama. Tanpa ilmu dan peringatan ulama, umat bisa tersesat dalam menjalani kehidupan dunia yang bersifat sementara ini.

Edy berharap Rakerda akan berjalan dengan lancar dan sukses. "Saya tunggu hasil Rakerda ini, semoga melahirkan program dan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi umat dan masyarakat Sumut secara keseluruhan," katanya.

Usai membukan resmi acara tersebut, kemudian dilakukan penyerahan cendera mata oleh MUI Pusat kepada Gubernur Edy Rahamyadi. Dilanjutkan dengan foto bersama dan jamuan makan malam di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan.

Sebelumnya, Ketua Bidang Hukum MUI Pusat H Basri Barmanra menjelaskan, bahwa penobatan Sumut dengan MUI terbaik merupakan hasil dari Rakernas MUI yang terakhir. Melalui laporan penelitian terhadap monitoring dan evaluasi seluruh MUI di Indonesia, MUI Sumut memperlihatkan memiliki kualitas yang baik dari berbagai aspek yang telah ditentukan.


"Salah satu yang menonjol adalah MUI Sumut mampu menampilkan MUI sebagai pelindung umat. Dan hubungan yang baik dengan umara, buktinya Bapak Gubernur selalu hadir setiap kali ada acara MUI," jelasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Sumut H Abdullah Syah menyebut bahwa tema yang diangkat pada Rakerda Sumut adalah ‘Meneguhkan Islam Wasathiyah Mewujudkan Sumut yang Maju dan Bermartabat’. Dimana rangkaian acara selain Rakerda adalah silaturahmi MUI Regional se-Sumatera dan dialog membahas wisata halal oleh MUI Provinsi Aceh, Bali, NTB, Jakarta, dan Lampung. Serta wisata halal di level internasional yang menghadirkan narasumber dari Malaysia.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Bidang Dakwah MUI Pusat HM Adnan Harahap, Ketua MUI Sumut H Abdullah Syah, Rektor UIN SU Saidun Rahman, Ketua dan anggota MUI se-Sumut, OPD Pemprov Sumut dan unsur Forkopimda Sumut.
 (Edi Sukarno)
Komentar

Tampilkan

  • Gubsu: MUI Harus Lahirkan Program yang Bermanfaat bagi Umat
  • 0

Terkini