Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kakan Kemenag Palas Monitoring Sarana dan Prasarana Kantor KUA Ulu Barumun

Kamis, 17 November 2022, 21.20 WIB Last Updated 2022-11-17T14:20:31Z


PALAS | jurnalpost.net

 Kakan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawas (Palas), H Abdul Manan MA melakukan monitoring tata kelola adminstrasi dan kinerja pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ulu Barumun.

“Kegiatan monitoring ini untuk melihat sejauh mana Kepala dan Pegawai KUA telah melaksanakan tugas dan fungsinya mendukung fungsi KUA berdasarkan amanat Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 tahun 2016,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Berdasarkan PMA tersebut, terdapat 10 tugas dan fungsi KUA yaitu pelaksanaan pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk. 

Selain itu, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam. Tugas dan fungsi ketiga, pengelolaan dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA Kecamatan.

Selanjutnya, sambungnya, pelayanan bimbingan keluarga sakinah, Kelima, pelayanan bimbingan kemasjidan. Keenam, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah. Ketujuh, pelayanan bimbingan dan penerangan Agama Islam.

Dan pelayanan bimbingan zakat dan wakaf. Kesembilan, pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA Kecamatan dan kesepuluh, adalah bimbingan manasik haji bagi jamaah haji reguler.

“Dari sepuluh tugas dan fungsi KUA tersebut, enam diantaranya adalah pelayanan,” terang H Abdul Manan.

Ia menambahkan, KUA sebagai garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain memantau tata kelola administrasi, Kakan Kemenag Palas juga melakukan monitoring sarana prasarana pelayanan serta kondisi kenyamanan ruang lingkungan KUA.

Kata Abdul Manan, hal itu dilakukan guna mendukung program revitalisasi KUA khususnya peningkatan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Turut serta mendampingi Kakan Kemenag, Kepala KUA Kecamatan Ulu Barumun, Aswin Azhar Hasibuan SAg SH dan Kepala KUA Kecamatan Sosopan, Hermansyah SE.
      (ARMEN AH2)
Komentar

Tampilkan

  • Kakan Kemenag Palas Monitoring Sarana dan Prasarana Kantor KUA Ulu Barumun
  • 0

Terkini