Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kabupaten Batu Bara Mendapat Bantuan 360 PJU-TS Dari Kementerian ESDM RI Sabtu,

Sabtu, 18 Maret 2023, 20.31 WIB Last Updated 2023-03-18T13:32:14Z

 

Batu Bara | jurnalpost.net

Keberadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sangat dibutuhkan, utamanya pada jalan-jalan yang lalu lintasan padat dan juga rawan kecelakaan.

Sebab itu, PJU juga menjadi perhatian Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara. Dan patut disyukuri bahwa kabupaten Batu Bara mendapatkan bantuan Penerangan Jalan Umum- Tenaga Surya (PJU-TS) dari Kementerian ESDM RI.

Bantuan PJU-TS itu, secara simbolis di terima langsung oleh Bupati Batu Bara yang diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Zahrul saat menghadiri acara Peresmian Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Tahun Anggaran 2022 di aula Perkebunan PT. Socfindo Tanah Gambus, kecamatan Lima Puluh, Jum’at (17/03/2023).


Dalam sambutannya, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir. M.AP diwakili Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Pembangunan, Zahrul mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang telah membantu dan bekerjasama dalam pemenuhan serta ketersediaan penerangan lampu jalan tenaga Surya di kampung kami, kabupaten Batu Bara.

‘Kami berharap ketua Balai Kementerian ESDM, Ir. Senda Hurmuzan Kanam M. Sc kiranya dapat terus memperhatikan kabupaten Batu Bara, sehingga program-program seperti ini terus berlanjut di setiap tahunnya, “ ujar Zahrul.

Melalui program ini, lanjut Zahrul, kita mendapatkan PJU-TS yang diberikan ke kabupaten Batu Bara tahun 2022 sebanyak 360 titik yang tersebar di 8 kecamatan. Dimana lebih kurang 30 Desa dan kelurahan yang sudah hampir terang di setiap desa.

“Dengan adanya pemasangan lampu PJU-TS tersebut, masyarakat sangat terbantu terutama jika beraktifitas pada malam hari. Selain untuk faktor keamanan, PJU juga sangat dibutuhkan untuk keselamatan berkendara pada malam hari, “ ucapnya.

Menurut data Kementerian. ESDM RI di sebutkan bahwa rasio elektrifikasi di awal masa Pemerintahan Kabinet Kerja mencapai 85 % dan ditargetkan mencapai 97 % pada tahun 2022.

Setidaknya masih ada 12.659 desa yang sampai saat ini belum menikmati akses listrik, bahkan 2.519 desa diantaranya sama sekali tidak memiliki aliran listrik. Sehingga suasana desa ini di malam hari gelap, sebagian besar di kawasan terdepan, terluar dan tertinggal, terang Zahrul.

Sembari Zahrul juga mengatakan, bahwa penerangan yang terpasang di daerah kabupaten Batu Bara baru sekitar 20 %, sedangkan di tahun 2023, Pemkab Batu Bara mengharapkan sekurangnya ada 50 % dari seluruh wilayah kabupaten Batu Bara yang sudah terpasang lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya.

Sementara itu Tim Koordinator kabupaten Batu Bara, Zulham menyampaikan ungkapan rasa terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara yang telah melaksanakan program pembangunan infrastruktur penerangan jalan umum tenaga surya.

“Untuk diketahui, PJU-TS yang di alokasikan Kementerian ESDM untuk kabupaten Batu Bara sebanyak 360 titik yang tersebar di 30 desa / kelurahan, “ sebutnya.

Ia berharap untuk kedepannya program PJU-TS tersebut agar lebih maksimal dianggarkan untuk kabupaten Batu Bara.

PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM RI melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2021 ada sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5561 Km.


Kami sampaikan apresiasi atas dukungan Anggota Komisi VII DPR-RI, dimana PJU-TS ini merupakan usulan aspirasi beliau kepada Pemkab Batu Bara berhasil memasang 360 unit PJU-TS Tahun Anggaran (TA) 2022, ungkap Zulham yang juga Ketua MPO DPD Golkar kabupaten Batu Bara.

Turut di hadiri, Ketua Balai Kementerian ESDM Ir. Senda Hurmuzan Kanan. M. Sc, Kasubdit Perencanaan dan Pembngunan Infrastruktur Kementerian ESDM RI, Ketua DPRD Batu Bara, Kapolres Batu Bara, Ketua Kadin Batu Bara, Ketua DPC Bravo Lima Batu Bara, Pj. Sekdakab Batu Bara, Manager PT. Socfindo, Para Pimpinan OPD Batu Bara, Tim Koordinator, serta para tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda kabupaten Batu Bara.

Reporter :Tuah Sembiring.
Komentar

Tampilkan

  • Kabupaten Batu Bara Mendapat Bantuan 360 PJU-TS Dari Kementerian ESDM RI Sabtu,
  • 0

Terkini