Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

SEKDA ARPAN.NST.PIMPIN UPACARA HARDIKNAS TINGKAT KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN 2023.

Selasa, 02 Mei 2023, 16.32 WIB Last Updated 2023-05-02T09:33:05Z




PALAS | jurnalpost.net

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Lawas  Arpan Nst, S.Sos memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023, bertempat di halaman Kantor Bupati Padang Lawas Komplek SKPDTerpadu Sigala gala Sibuhuan, Selasa pagi, (02/05 2023).

Hardiknas diperingati setiap tanggal 2 Mei.Tanggal tersebut dipilih berdasarkan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional.

Upacara tersebut berjalan dengan khidmat diikuti para peserta, terdiri dari perwakilan guru dan pelajar sekolah, Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran pemerintah Kabupaten Padang Lawas. 

Juga tampak hadir pada upacara tersebut, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, SH, MH, Ketua PA Sibuhuan Bainar Ritonga, S.Ag, MH, Perwakilan Kodim 0212 TS, Para Staf Ahli Bupati, Para asisten, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Padang Lawas.

Mengutip pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Republik Indonesia (Menristek RI), Nadiem Anwar Makarim yang dibacakan Sekda Arpan Nst, S.Sos mengatakan, selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat, terangnya.

Menurutnya lagi, Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar, para guru tidak lagi diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi dan berkarya di kelas.

"Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar, imbuhnya.

Dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka tambah Arpan, para mahasiswa  tidak lagi monoton belajar teori di dalam kelas tetapi sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus.

Tambahnya lagi, dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah lebih fleksibel, perluasan program beasiswa jauh lebih terbuka agar kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi semakin terbuka.

Transformasi yang masif ini, lanjut Arpan sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukur dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita.

"Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan, pungkas Arpan.


Usai pelaksanaan upacara tersebut, Sekda Arpan berharap kepada para guru khususnya di Kabupaten Padang Lawas, "Agar reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar yang yang dicanangkan pemerintah, para pendidik dapat mengembangkan potensi para peserta didik sesuai minat dan bakat masing masing, ujar Arpan

Pun, para guru dapat mengoptimalkan keleluasaan berinovasi dan berkarya dikelas untuk melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas namun juga berbudi luhur dan berkualitas sehingga tujuan pendidikan Indonesia lebih baik kedepannya dapat dicapai, tandasnya.

Reporter:ilham syarif
Komentar

Tampilkan

  • SEKDA ARPAN.NST.PIMPIN UPACARA HARDIKNAS TINGKAT KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN 2023.
  • 0

Terkini