Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Nenek di Tandu Warga Dusun Bungsu

Jumat, 28 Juli 2023, 05.11 WIB Last Updated 2023-07-27T22:26:57Z

Desa Sionom Hudon Vll , Kecamatan Parlilitan,Kab Humbang Hasundutan.

Humbahas | jurnalpost.net

Nenek 78 Tahun ditandu warga kurang lebih Sejauh 18 KM untuk dapatkan Layanan Kesehatan, Nenek berusia 78 tahun yang diketahui bernama Reni boru Manik warga Dusun Bungus, Desa Sionom Hudon VII, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan,Rabu, 26-07- 2023.

Nenek berusia 78 tahun yang diketahui bernama Reni boru Manik warga Dusun Bungus, Desa Sionom Hudon VII, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbahas, Sumatera Utara, terpaksa ditandu warga sejauh 18 Km untuk mendapatkan penanganan medis di desa lainnya.

Kabar ini awalnya diketahui awak media melalui video yang menyebar di media sosial Facebook yang memperlihatkan sejumlah warga sedang menandu seorang perempuan dari perkampungan mereka ke desa lainnya. Dalam video tersebut, warga tampak melintasi jalan tanah sempit dan terjal sambil menandu si nenek, dan sesekali mereka berhenti di jalan karena kelelahan. "Beginilah kami warga masyarakat Bungus jika ada yang sakit kami harus pandu bersama menuju Desa Sitanduk," begitu caption dalam video tersebut sebagaimana dikutip awak media,Rabu 26-07-2023.

Kepala Desa Sionom Hudon, yang dihubungi awak media Via tlpn tidak nyambung Karena sinyal, salah seorang warga di Parlilitan mengatakan warga yang tidak mau sebut nama membenarkan warga yang ditandu sejauh 18 Km.dia  mengatakan, kejadiannya sekitar awal bulan Juni 2023 lalu. Namun sang kades kami juga mengaku belum mengetahui pasti apa penyakit warga kami yang ditandu itu, ujarnya.

"Kalau ditanya apa penyakitnya belum tahu,tapi umurnya yang ditandu sudah berusia 78 tahun. Jadi memang kalau jalan sudah agak bungkuk, dan tidak mungkin lagi dibawa keluarga naik sepeda motor atau berjalan kaki, apalagi kondisi lagi sakit," katanya.

Kades bercerita bahwa sepengetahuannya nenek tersebut dibawa ke salah satu bidan desa di desa lainnya di Kecamatan Parlilitan, Humbahas untuk mendapatkan layanan kesehatan. Namun harus berjalan kaki menempuh perjalanan sejauh 18 Km.

Warga Dusun Bungus Desa Sionom Hudon Vll kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan mengharapkan Perhatian pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan tentang pentingnya jalan akses agar dibenahi menuju Parlilitan untuk kebutuhan masyarakat apalagi kebutuhan mengenai Kesehatan warga pada umumnya,ucapnya.
(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • Nenek di Tandu Warga Dusun Bungsu
  • 0

Terkini