Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sejarah Awalnya Pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan .

Sabtu, 08 Juli 2023, 05.55 WIB Last Updated 2023-07-07T22:55:27Z




Humbahas | jurnalpost.net

Sekedar untuk diketahui dan Perlu  diingat masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan bahwa pada awalnya usul pemekaran Kabupaten ini dari Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2002 terdiri 14 Kecamatan dengan nama Kabupaten Humbang, tapi akibat penolakan beberapa pihak yang menginginkan ibukota harus berada Siborong-borong melalui Demo pada tanggal 8 Juni 2002 .

Maka Sidang Pengambilan Keputusan Rekomendasi Pemekaran Kabupaten Humbang di skors hingga dilakukannya sosialisasi sekaligus penampungan aspirasi dari masyarakat kecamatan yang menolak Pemekaran Humbang dengan Doloksanggul sebagai Ibukota Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dari hasil sosialisasi dan penampungan aspirasi masyarakat maka para Penatua dan Panitia Pemekaran dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sepakat untuk mengusulkan Pemekaran dengan nama Kabupaten baru yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan.

Yaitu terdiri dari 10 Kecamatan dengan Doloksanggul sebagai Ibukota, selanjutnya skors di Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Tapanuli Utara  yaitu pada Sidang lanjutan tanggak 22 Juni 2002 dicabut dan sidang dilanjutkan untuk pengambilan Keputusan Rekomendasi Pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan.

Namun pada saat sidang ini juga mendapat protes keras melalui Demo besar-besaran di halaman Gedung DPRD dari Masyarakat kecamatan yang tidak termasuk lagi dalam usul pemekaran bahkan ada seorang anggota DPRD yang melakukan walk out karena usulnya untuk menerima dulu aspirasi masyarakat yang menolak diterima Pimpinan DPRD sebelum sidang dilanjutkan namun Pimpinan Sidang tidak menerima usul tersebut dan sidangpun dilanjutkan dengan hasil Pemberian Rekomendasi Pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan.

Yakni terdiri dari 10 Kecamatan dengan Ibukota Doloksanggul, kesepuluh kecamatan itulah kecamatan yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan. Hanya sekedar mengingatkan sejarah pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan yang dapat digunakan sebagai bahan rujukan dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati nantinya dan Sampai sekarang.Horas-horas-horasss.
(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • Sejarah Awalnya Pemekaran Kabupaten Humbang Hasundutan .
  • 0

Terkini