Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Viral karena Komeng, Apa Tugas dan Fungsi DPD RI?

Jumat, 16 Februari 2024, 00.39 WIB Last Updated 2024-02-15T17:39:37Z

Jakarta | Jurnal Post
Komedian Alfiansyah Komeng maju sebagai calon legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Pemilu 2024 ini. Ia mewakili daerah pemilihan Jawa Barat.

Lantas, apa tugas, fungsi, dan wewenang DPD? DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang anggotanya mewakili tiap provinsi di Indonesia. Anggota DPD dipilih langsung melalui pemilu.

Anggota DPD disebut sebagai senator. Mereka berperan menyuarakan kepentingan daerah masing-masing di tingkat nasional. DPD mempunyai fungsi legislasi, pengawasan, dan penganggaran.

Kedua, DPD dapat membahas rancangan undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, pengelolaan sumber daya alam, hingga pembentukan, penggabungan, hingga pemekaran sebuah daerah.

Ketiga, memberikan pertimbangan atas rancangan undang-undang dan pemilihan anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Keempat, mengawasi pelaksanaan undang-undang yang berkaitan dengan kedaerahan, seperti hubungan pusat dan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara, pajak, pendidikan dan agama. Hasil pengawasan itu nantinya dilaporkan kepada DPR RI.

Kelima, menyusun program legislasi nasional (prolegnas) yang berhubungan dengan kedaerahan.

Keenam, memantau dan mengevaluasi rancangan peraturan daerah (raperda) dan peraturan daerah (perda) di setiap provinsi di Indonesia.

(Red)
Komentar

Tampilkan

  • Viral karena Komeng, Apa Tugas dan Fungsi DPD RI?
  • 0

Terkini