Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Seluruh Pedagang eks Pasar Aksara Dipastikan Tertampung di Tempat Baru

Sabtu, 12 Oktober 2019, 04.50 WIB Last Updated 2020-11-20T22:43:33Z


GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan, Drs Rusdi Sinuraya  menegaskan, pedagang eks Pasar Aksara yang terbakar Juli 2016 dipastikan mendapat tempat di pasar yang baru setelah nantinya selesai dibangun.

Penegasan tersebut disampiakan Rusdi menjawab wartawan seputar pernyataan Ketua DPRD Medan, Hasyim SE yang meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan untuk mengakomodir keluhan pedagang eks Pasar Aksara.

“Semua pedagang Pasar Aksara yang korban kebakaran nantinya pasti akan mendapatkan tempat yang dibangun di Pasar Aksara Baru, Jalan Mesjid,” tegas Dirut PD Pasar Kota Medan.

Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini, Pasar Aksara dalam proses penyusunan perencanaan Detail Bangunan oleh Balai Sumut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR-RI).

“Pasar Aksara sekarang sudah dalam proses penyusunan perencanaan oleh Kementrian PUPR. Diharapkan selesai bulan November tahun ini . Setelah  itu segera dilakukan pelelangan pada bulan Desember oleh Kementrian PUPR. Diharapkan Januari atau Pebruari sudah dimulai pekerjaan pisik bangunan Pasar Aksara Baru di lokasi yang baru di Jalan Mesjid, berjarak sekitar 200 meter dari eks Pasar Aksara yang terbakar,” jelas Rusdi.

Selain itu, Rusdi mengimbau kepada para pedagang yang ditampung sementara di Terminal Aksara, dan pasar-pasar terdekat seperti Pasar Halat, Bakti, Sukaramai dan Sentosa Lama serta beberapa lokasi lainnya untuk bersabar.

“Karena Pasar ini sudah menjadi atensi dari Bapak Presiden. Hal itu disampiakan Presiden saat meninjau langsung lokasi pasar pascaterbakar pada hari Jumat, 17 November 2017 yg lalu dan Presiden juga sudah menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) No 64 Tahun 2018,” imbaunya.

Jadi, kata Dirut, sebanyak 819 pedagang di Pasar Aksara yang terbakar tidak perlu khawatir dan mohon bersabar karena dipastikan akan tertampung semuanya di gedung yang baru di Jalan Mesjid. “Apalagi, perhatian Bapak Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin , S Msi . MHum terhadap para pedagang sangat besar dan serius .Jadi sekali lagi kita meminta para pedagang untuk bersabar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Medan Hasyim SE meminta Pemko Medan untuk tidak menunda-nunda pembangunan Pasar Aksara pascaterbakar yang akhirnya menyengsarakan nasib pedagang.

Hal itu dikatakan Hasyim usai menerima audensi sejumlah pengurus Persatuan Pedagang Pasar Tradisional Sumatera Utara (P3TSU) di ruang kerjanya pada hari, Selasa 8 Oktober 2019 kemarin. (nasib ts)
Komentar

Tampilkan

  • Seluruh Pedagang eks Pasar Aksara Dipastikan Tertampung di Tempat Baru
  • 0

Terkini