Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

PWI Padang Lawas Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi PelajarPadang Lawas,

Jumat, 17 Juni 2022, 10.18 WIB Last Updated 2022-06-17T03:18:47Z




Padang Lawas, Jurnal Post
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padang Lawas, menggelar pelatihan dan sosialisasi jurnalistik bagi siswa SMK Negeri 1 Lubuk Barumun Kamis (16/6).

Ketua PWI Kabupaten Padanglawas Atas Siregar menyampaikan, bahwa belakangan ini masyarakat semakin sulit membedakan antara berita yang sesuai kaedah jurnalistik dan berita hoax atau berita bohong.

Begitu juga halnya dengan wartawan dan aktivis media sosial (medsos). Menurut Atas, wartawan dengan aktivis media sosial juga berbeda.
"Wartawan dalam menyajikan suatu berita dan karya jursnastik harus berdasarkan kode etik, dengan menghimpun informasi yang akurat dan aktual, cek and ricek dengan sumber yang dipercaya, tidak berdasarkan opininya," kata Atas siregar.

Atas Siregar menambahkan, wartawan harus menghimpun informasi tersebut menjadi sebuah berita yang disajikan melalui media, baik cetak maupun elektronik.
"Salah satu tugas wartawan itu sesuai Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers adalah mencari berita dan menginformasikannya kepada masyarakat melalui media," sebut Atas Siregar..

Sedang berita hoax atau berita bohong, menurutnya disajikan melalui berbagai media sosial yang bertujuan membuat sensasi agar masyarakat terkecoh dan tidak memakai kaedah jurnalistik.

"Karena itu adik-adik  semua diharap lebih hati-hati dalam menerima informasi atau berita," tegas Atas Siregar

Ditempat yang sama, H.Idaham Butarbutar Ketua penasehat PWI Padang Lawas mengatakan, tugas seorang wartawan itu sangat berat. Namun walaupun berat jika dijalankan dengan baik dan benar bisa dilaksanakan.

" Apa pun pekerjaannya jika dijalankan dengan baik dan benar termasuk wartawan bisa dikerjakan," katanya.

Sedangkan Asisten II  Sekretariat Pemkab Padang Lawas Drs.H.Marza Jennova MM mewakili Plt Bupati mengatakan Pemkab Padang Lawas sangat mengapresiasi  kegiatan yang dilaksanakan PWI Palas.

" Kegiatan  pelatihan jurnalistik ini  sangat positif, untuk itu kami berharap kegiatan seperti ini bisa  dilaksanakan secara berkesinambungan," tegas Marza.

Marza juga berharap kepada siswa yang memperoleh pelatihan jurnalistik untuk menggunakan waktu pelatihan dengan sebaik baiknya.

"Pelatihan ini sangat berguna, manfaatkan waktunya dengan sebaik baiknya," kata Marza.

Senada dengan itu Kepala SMK Negeri 1 Lubuk Barumun Bidarlis Nur Rangkuti ST mengucapkan terima kasih atas kehadiran PWI yang melaksakan pelatihan jurnalistik bagi siswa SMK Negeri 1 Lubuk Barumun.

" Kehadiran PWI ke sekolah ini adalah satu penghormatan, kiranya ke depan kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkesinambungan," harap Bidarlis.(ARMEN HARAHAP)


( Krs)
Komentar

Tampilkan

  • PWI Padang Lawas Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi PelajarPadang Lawas,
  • 0

Terkini