Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Ribuan Pohon Sawit Milik Penggarap di HGU 103 Kebun Bulu Cina Berhasil Ditumbangkan

Selasa, 21 Maret 2023, 20.26 WIB Last Updated 2023-03-21T13:26:41Z


Hamparan perak | jurnalpost.net

Ribuan pohon kelapa sawit milik warga penggarap di atas lahan 382 hektar yang berada di areal Hak Guna Usaha (HGU) PTPN No 103 Kebun Bulu Cina Pasar VII Dusun XX dan XXI Desa Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang berhasil ditumbangkan seluruhnya pada hari keempat pelaksanaan okupasi (pembersihan lahan) yang berlangsung sejak Jumat hingga Senin (17 – 20 Maret 2023).

Selain seluruh tanaman sawit penggarap yang ditumbangkan, rumah mereka juga hampir seluruhnya sudah dibongkar sendiri oleh penghuninya maupun dibongkar PTPN 2 setelah dilakukan kesepakatan dan pembayaran tali asih.

“Tahap berikutnya, guna mencegah masuknya penggarap PTPN 2 membuat parit batas terhadap areal kebun yang berbatasan langsung dengan masyarakat,”jelas
 Kasubbag Humas PTPN2 Rahmat Kurniawan via seluler, Senin (20/3/23) sore.
Di beritahukan tokoh sentral kelompok Tani Batang Beluh, Amiruddin juga telah mengembalikan Lahan Sawit seluas 80 hektar yang Selama ini dikuasainya.

Kepada tim pembersihan areal yang menemuinya di rumah tempat tinggalnya di pinggir areal 80 hektar kebun sawit miliknya, Amiruddin berterus-terang mengaku salah karena selama ini telah menguasai lahan yang bukan miliknya.

Serupa juga lainnya, Hendra Surbakti dan istrinya Cahaya,pada tahap awal keluarga tersebut menerima tali asih untuk satu gudang dan tiga rumah mereka di areal 33 hektar kebun sawit yang selama ini mereka kelola, Tahap berikutnya Hendra dan istrinya akan menerima tali asih dari pohon sawit mereka seluas 33 hektar yang lahannya dikembalikan ke PTPN 2.

Pun begitu,SEVP manajemen Asset PTPN 2 pulung Rinandoro menegaskan kasus penggararapan di lahan HGU 103 kebun Bulu China telah dilapor kepada Kejatisu.
"Dan saat ini sudah dalam proses penyidikan,"ujar Pulungan di lokasi garapan Kebun Bulu China, Minggu (19/3/23)


Sementara harapan Kabag Hukum PTPN 2 Ganda Wiratmadja yang menyebutkan target penyelesaian pembersihan bisa lebih cepat dari rencana terbukti,Ganda Wiratmadja didampingi Kabag, pemanfaatan dan pengamanan Aset,Tofan Sidabalok dan Kasubag Humas Rahmat Kurniawan yang terus memonitor proses pembersihan lahan HGU 103 Kebun Bulu China tersebut mengatakan pembersihan areal direncanakan tuntas senin (20/3/23)


Ratusan personel TNI-Polri,security dan serikat pekerja perkebunan (SPP) PTPN 2 dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan okupasi yang dilaksanakan sejak Jumat tersebut

( Reporter Karina Sinaga)
Komentar

Tampilkan

  • Ribuan Pohon Sawit Milik Penggarap di HGU 103 Kebun Bulu Cina Berhasil Ditumbangkan
  • 0

Terkini