Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

*Petani Taiwan Buktikan Bawang Merah Subur di Food Estate Humbahas.

Jumat, 19 Mei 2023, Mei 19, 2023 WIB Last Updated 2023-05-19T03:02:15Z



Humbahas | jurnalpost.net

Penanaman bawang merah terapan Taiwan Technical Mission (TTM)di Food Estate Humbahas, Sumatera Utara.

-TTM Percontohan budidaya pertanian di Food Estate Humbahas.
-Food Estate Humbahas Amburadul, Pemkab di Duga Manipulasi Data.
-Sempat Kurang Menggembirakan, Komisi IV DPR Kunker ke Food Estate Humbahas.

Doloksanggul -Taiwan Technical Mission (TTM) membuktikan bahwa bawang merah tumbuh baik di areal Food Estate Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, itu dibuktikan saat penanaman bawang merah Pertama untuk areal seluas 5 ha, dari hasil percontohan berstandar terapan TTM yang dikerjakan Poktan Sinar Jaya 17-05-23.

Awalnya Pemerintah Humbahas dan masyarakat menyediakan lahan kepada TTM untuk membuat Percontohan di Food Estate, Kami tanam bawang merah dengan pengelolaan lahan, pemindahan bibit dan ketersediaan air untuk perawatan tanaman "papar Spesialist Holticultura Development Procect Mr Chiu Chen-H Siang (Joe) sebagai Pelaksana pertanaman bawang merah tersebut.

Pengolahan lahan untuk bukaan baru, pihaknya mengatur kemiringan tanah dengan meratakan tanah untuk mempertahankan air siraman merata agar tidak langsung mengalir ke tanah yang rendah.

PH tanah kita ukur dengan alat Sensaring, karena lahannya masih baru, kita olah beberapa lama sampai lahannya bagus dan gembur "Kita mengolah bolak balik Sampai 4 kali sampai gembur semuanya, ucapnya.

Masih Mr Chiu, kemudian menambahkan Pupuk Kompos untuk 1 ha 40 ton, sehingga PH tanah dikerahkan bisa baik dan tanahnya bagus dan tidak lengket 'ucapnya.Kita juga menambahkan 700 kg MPK untuk Nutrisi setelah lahan siap tanam dan Tampa mulsa 'ujarnya.

Pada tahapan perawatan, sambung Mr Chiu menggunakan tenaga para petani, sehingga rumput tidak tumbuh.Kelembaban tanah harus tetap dijaga, karena bawang merah butuh air, untuk 5 hari ini disiapkan 3 penampungan air.

TTM juga menggunakan teknologi sederhana dalam penyiraman yakni; dengan menggunakan pipa dan selang, serta mesin pompa.Hal ini dilakukan karena tidak bisa memprediksi Cuaca.

Mereka pun merencanakan bahwa pertanaman bawang merah ini akan dilakukan tumpang sari atau bergantian dengan tanaman palawija seperti sayur jenis sawi Taiwan (san feng) dan sayuran Kacang kopri.Setelah lebih kurang 3 bulan TTM bekerja di lahan Food Estate untuk membuat Percontohan, hasil yang kita lihat saat ini adalah merupakan kerjasama dan kerja keras kita semua dan pada hari ini kita akan mulai penanaman untuk areal 5 ha 'ujarnya.


Kesempatan itu Dosmar Banjar Nahor yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing menyampaikan rasa bangga dengan hasil yang dicapai TTM dalam kurun waktu 3 bulan bekerja di Food Estate.Hal ini merupakan kebanggaan, karena itu kami berharap agar apa yang dilaksanakan oleh pihak TTM bisa menjadi contoh petani Humbahas katanya.
Hadir pada pertanian pertama bawang merah ini, Kepala TTM di Indonesia Mr Dennis Kao, Kadis pertanian Humbahas Junter Marbun, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar, Camat Pollung Imron Lumbangaol, Kepala Desa Siriaria dan pengurus Kelompok Tani.(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • *Petani Taiwan Buktikan Bawang Merah Subur di Food Estate Humbahas.
  • 0

Terkini