Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Budi Daya Jagung Menjadi Primadona di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan .

Sabtu, 26 Agustus 2023, 09.54 WIB Last Updated 2023-08-26T02:54:47Z




Humbahas | jurnalpost.net

 Desa Lumban Sianturi Kecamatan Paranginan, Humbang Hasundutan (Humbahas) kini menjadi salah satu desa penghasil jagung terbesar di Kecamatan Paranginan. Dulu desa itu terkenal dengan budi daya tanaman kopi, padi serta sayur sayuran. Kini beralih haluan bercocok tanam menjadi desa pembudi daya jagung dari salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Lumban Sianturi, Parulian Sianturi kepada awak media Jumat 25/8/23 di Desa Lumban Sianturi kab; Humbahas.

Perubahan itu menurut dia, terjadi selain karena anjuran Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, juga karena hitung-hitungan biaya produksi yang lebih rendah dan hasil  panennya yang jauh lebih menguntungkan bagi petani 

“Salah satu desa paling kecil dari antara seluruh desa di Kecamatan Paranginan kabupaten Humbang Hasundutan,namun sudah hampir seluruh kepala keluarga  memilih menanam jagung dari pada menanam padi dan tanaman lainnya, “sebut Parulian Sianturi, Kades yang baru periode pertama memimpin desa tersebut.

Menurutnya, dari 108 KK penduduk desa itu, 80% telah menanam jagung rata-rata 10 rante (0,25 hektare) dengan masa panen 2 kali dalam satu tahun. Hasil yang dirasakan petani cukup lumayan, antara 400 kg hingga 500 kg per rantenya atau per 0,25 hektare.

Minat masyarakat setiap tahunnya semakin bertambah dan meningkat untuk menanam jagung karena biaya pengolahan dan pemeliharaan tidak terlalu mahal dan bisa sesuai kemampuan warga masyarakat setempat.

“Apalagi saat ini dari dana desa boleh dianggarkan untuk ketahanan pangan dengan penyediaan bibit jagung agar petani itu terbantu,” urainya. Kini sepanjang jalan  di desa Lumban Sianturi terlihat hamparan  tanaman jagung yang subur menjadi pemandangan yang cukup indah.

Sementara itu, Desa Lobutolong Habinsaran Kecamatan Paranginan tidak mau kalah soal menanam jagung. Kepala Desa Lobutolong Habinsaran, Suparna Gianto S.Sos kepada tubasmedia.com mengatakan, minat masyarakat desanya untuk mananam jagung  dari tahun ke tahun terus meningkat dengan jenis varietas hibrida.

‘’Masyarakat kita bantu dengan bibit jagung unggul, pupuk kompos dan pestisida serta obat obatan lainnya. Tetapi kita tidak asal  berikan tapi harus dengan verifikasi dari petugas PPS desa, apakah benar sudah ada lahan yang diolah? Kalau sudah ada baru kita SK-kan siapa yang layak menerimanya,” tegas Suparna.

Dia menyebut bantuan desa dari dana desa itu harus tepat sasaran. Desa Lobutolong Habinsaran adalah  salah satu dari 10 desa di Kabupaten Humbahas menjadi sampel untuk kunjungan BPKP dari Sumut. 
(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • Budi Daya Jagung Menjadi Primadona di Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan .
  • 0

Terkini