Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

m Tempat Mandi Khusus Keturunan RajaSumur Sisingamangaraja di Humbahas perlu Di Kunjungi.

Senin, 07 Agustus 2023, 02.46 WIB Last Updated 2023-08-06T19:48:09Z




Humbahas | jurnalpost.net

Salah satu tempat bersejarah di Kabupaten Humbang Hasundutan yakni Sumur Sisingamangaraja. Salah satu cagar budaya itu dulunya merupakan tempat mandi khusus keturunan Sisingamangaraja.

Sumur Sisingamangaraja berlokasi di Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan. Dilansir dari laman resmi Cagar Budaya Sumatera Utara Sumur ini adalah milik keluarga keturunan Raja Sisingamangaraja.

Raja Sisingamangaraja mewariskan sebuah sumur yang disebut dengan Mual Raja Sisingamangaraja (Sumur Raja Sisingamangaraja). Sumur tersebut dulunya adalah tempat permandian khusus bagi Raja Sisingamangaraja.

Adapun untuk mencapai lokasi sumur tersebut dibutuhkan jarak sekitar 233 km dari Kota Medan. Atau jika dari kota Doloksanggul membutuhkan jarak sekitar 13 km.

Sumur dengan bentuk pancuran ini terdapat pada daerah bukit sebelah timur dari kompleks istana Raja Sisingamangaraja. Adapun sumur ini berukuran 5 x 10 meter.

Kemudian, jarak antara kompleks Istana Raja Sisingamangaraja dengan sumur tersebut adalah sekitar 600 meter. Sumur tersebut memiliki air yang sangat jernih.

Selain itu, air sumur ini juga sangat sejuk ketika digunakan. Sehingga hal ini tentunya membuat masyarakat setempat selalu menjaga dan memelihara sumur itu.

Dengan keadaan sumur yang dijaga, membuat masyarakat setempat hingga kini masih menggunakan sumur tersebut dan yang berkunjung juga boleh di gunakan dengan tata Krama yang sopan.Sumur ini juga menurut masyarakat setempat sudah berumur sekitar 180 tahun.

Sumur Raja Sisingamangaraja juga dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dan Keturunan Raja Sisingamangaraja.

(J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • m Tempat Mandi Khusus Keturunan RajaSumur Sisingamangaraja di Humbahas perlu Di Kunjungi.
  • 0

Terkini