Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Akhirnya Pedagang Pasar Timah Pindah

Senin, 30 September 2019, 08.09 WIB Last Updated 2020-11-20T22:43:41Z

Lokasi Pasar Timah dibersihkan untuk dibangun pasar yang permanen dan modern. Sementara dibangun para pedagang pindah di tempat penampungan sementara.
GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Kesibukan terlihat di tempat relokasi pedagang Pasar Timah Jalan Emas Medan, Selasa (24/9/2019). Hari itu  tenggat waktu yang diberikan PD Pasar Kota Medan kepada para pedagang untuk pindah ke tempat yang telah disediakan.

Secara sukarela mereka menyiapkan lokasi penampungan sementara yang telah disediakan oleh PD Pasar Medan. Umumnya para pedagang membuat sendiri meja dagangan dan pintu kios demi keamanan barang dagangan saat malam hari.

Seperti yang dilakukan Amin. Pedagang bumbu ini mengaku membuat sendiri meja dagangan dan pintu kios penampungan sementara miliknya. "Meja yang lama tidak bisa dipakai lagi bang, karena tidak muat di kios penampungan sementara ini. Jadi saya terpaksa membuat meja dan pintu agar nyaman di kios penampungan ini," ujarnya.

Amin mengaku, tidak keberatan harus direlokasi ke tempat penampungan sementara ini, karena sudah ada jaminan dari PD Pasar akan mendapat tempat di pasar yang akan dibangun. "Kalau memang untuk kebaikan kami para pedagang, tidak ada alasan saya menolak untuk direlokasi. Soalnya PD Pasar sudah menjamin para pedagang di Pasar Timah selama ini, termasuk saya dipastikan akan mendapatkan kembali kios setelah revitalisasi," ujar Amin.

Selama ini, diakui Amin, mereka tidak pernah mendapat jaminan apakah akan mendapatkan kios pasar direvitalisasi. Kalau ada cuma hanya sebatas janji. "Tapi sekarang kami lega, karena PD Pasar sudah menjamin kami. Tidak hanya itu, PD Pasar juga menjamin setelah pasar dibangun, karena tidak akan digusur lagi. Soalnya lahan pasar ini bersebelahan dengan tanah PT. KAI. Selama ini kami selalu mengkhawatirkan sewaktu-waktu akan digusur, karena berjualan di atas tanah milik negara," ujarnya.

Beberapa pedagang lainnya juga mengakui, hal itu. Kalaupun mereka belum memasuki tempat penampungan sementara yang disediakan, lebih karena masalah teknis. "Inilah bang, kami harus menyesuaikan dulu kios penampungan sementara ini dengan dagangan kami. Kan nggak mungkin begitu masuk, kondisi kios kami kacau balau. Paling tidak kondisinya tidak jauh beda dengan lapak kami yang lama," kata Sulastri, pedagang bunga.

Menanggapi kondisi tersebut, Dirut PD Pasar Medan, Rusdi Sinuraya mengaku maklum dengan alasan pedagang. Terlebih sejak awal, ujar Rusdi, pihaknya selalu mengedepankan kepentingan pedagang, sehingga cara yang diambil untuk melakukan relokasi mengacu kepada cara-cara yang persuasif.

"Kita maklum dengan kondisi pedagang. Intinya kita ingin mencari win-win solution dalam merelokasi pedagang. Saya yakin dalam seminggu ini, semua pedagang sudah pindah ke tempat penampungan sementara," ujarnya. (nas)
Komentar

Tampilkan

  • Akhirnya Pedagang Pasar Timah Pindah
  • 0

Terkini