Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Teknologi 5 G, Berhasil Buat vendor HUAWEI Pimpin Pasar Smartphone Dunia

Sabtu, 02 November 2019, 16.24 WIB Last Updated 2020-11-20T22:43:07Z

GLOBALMEDAN.COM | RRT - Pihak Huawei kembali menegaskan kepemimpinannya di Tiongkok, yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Berdasarkan data perusahaan riset pasar Canalys, Huawei menguasai pasar smartphone Tiongkok dengan 42 persen dari pangsa pasar pada kuartal III (Q3) 2019 tahun ini.

Huawei smartphone tercatat untuk kwartal ke3 tahun ini, tumbuh 66 persen year-on-year. Menurut Vice Presiden of Mobility Canalys, Nicole Peng, Dominasi Huawei telah berhasil menempatkan perusahaan itu diposisi kuat untuk bernegosiasi dengan rantai pasokan dan meningkatkan kehadirannya di kalangan peritel Smartphone, Sabtu (2/11/2019) seperti dilansir wartawan.

Selain itu, Huawei juga mendapatkan keuntungan dari teknologi 5G. Huawei merupakan salah satu dari sedikit vendor yang sudah memiliki smartphone 5G dan bekerja sama dengan operator 5G. Hal ini disebut akan semakin menguatkan dominasi Huawei di tanah kelahirannya.

Di tengah dominasi Huawei, pasar smartphone di Tiongkok tidak berjalan dengan begitu baik. Riset Canalys mencatat, pengunaan produk smartphone mengalami penurunan 3 persen dari 100,6 juta menjadi 97,8 juta unit.

Sementara Huawei memimpin, posisi lima besar lain ditempati setelah berhasil mengeser rivalnya. Untuk urutan yakni Vivo, Oppo, Xiaomi, dan Apple. Vivo berada di posisi kedua dengan 17,9 persen pangsa pasar, diikuti Oppo dengan 17,4 persen, Xiaomi dengan 9 persen, dan Apple dengan 5,2 persen pangsa pasar.

Huawei menjadi satu-satunya vendor yang mengalami pertumbuhan tahunan pada Q3 2019. Dibandingkan periode sama pada tahun lalu, pangsa pasar Vivo turun 23 persen, dan Oppo 20 persen.
Xiaomi menjadi vendor di posisi lima besar dengan penurunan terbesar, 33 persen dibandingkan satu tahun lalu. Pangsa pasar Apple juga turun 28 persen.

Apple menjadi satu-satunya merek non-Tiongkok yang berada di posisi lima besar. Hal ini disebut berkat peluncuran lini iPhone 11 di akhir Q3. Hampir 40 persen pengapalan antara Juli dan September adalah lini iPhone 11.

Konsumen Tiongkok disebut tertarik dengan peningkatan kamera dan akhirnya mereka bisa mendapatkan iPhone dengan harga lebih menarik. Namun mengingat Apple belum ada rencana merilis smartphone 5G sampai September 2020, ada kemungkinan perusahaan akan cepat lengser dari posisi lima besar di Tiongkok. ( lip/Edi Sukarno)

Komentar

Tampilkan

  • Teknologi 5 G, Berhasil Buat vendor HUAWEI Pimpin Pasar Smartphone Dunia
  • 0

Terkini