Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Diduga Pemicu Keributan Antar Desa, Pemkab Imbau Pedagang di Palas Tidak Perjual Belikan Senapan Mainan dan Petasan

Minggu, 17 April 2022, April 17, 2022 WIB Last Updated 2022-04-17T13:39:14Z
Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Palas Gozali SE, Rabu (14/4)


Padang Lawas | Jurnal Post

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Padang Lawas ( Palas), melalui  Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Palas mengimbau kepada seluruh pedagang di wilayah Kabupaten Padang Lawas supaya tidak memperjual belikan senapan mainan memakai peluru plastik dan petasan, karena hal ini diduga sebagai pemicu terjadinya Keributan antar Desa. Kamis (14/02/2022).

Demikian halnya yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Palas Gozali SE,  menanggapi aspirasi Koar ( Koalisi amanat rakyat) Palas yang sebelumnya meminta, kepada Pemkab Palas supaya mengimbau kepada para pedagang di wilayah Palas agar tidak memperjual belikan petasan dan senapan mainan memakai peluru plastik yang dapat melukai sasaran, selama bulan suci ramadhan, hingga pada perayaan hari raya Idul Fitri tahun 1443 H /2022 Masehi ini.

Dikatakannya, permohonan imbauan tersebut, disampaikan Ketua Umum KOAR Palas Pardomuan Daulay, bersama rekannya Bonardon Nasution didasari kekhawatiran mereka, terhadap penyalah gunaan dua jenis barang dagangan tersebut (petasan dan senapan mainan memakai peluru plastik) oleh pemilik atau pengguna. Karena dianggap bisa menjadi pemicu konflik antar masyarakat dan menggangu kenyamanan Kabtibmas, di bulan suci ramadhan tahun ini, juga pada perayaan hari raya Idul fitri nanti, apabila salah penggunaan.

Permintaan imbauan itu, sebagai bentuk saran dan dukungan Koar Palas terhadap Pemkab Palas dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan damai di wilayah Palas, selama bulan suci ramadhan tahun ini, hingga pada perayaan hari raya Idul Fitri nanti, mengingat seringnya terjadi kericuhan antar desa di tahun tahun lalu, ungkapnya.

"Asipirasi itu cocok, terimakasih kepada Koar Palas juga Pak Bonardon yang telah mengingatkan kami untuk mengantisipasi bersama akan ancaman bahaya apabila salah penggunaan petasan dan senapan mainan yang memakai peluru plastik khusunya yang tidak berlebel SNI".ujar Gozali kepada wartawan, 

Terkait pembatasan jual beli barang dangangan tersebut (petasan dan senapan mainan memakai peluru plastik yang tidal bermerek lebel SNI) kepada masyarakat luas, lanjut Gojali berharap, supaya menjadi perhatian bersama. Dengan tujuan untuk kenyamanan bersama dari penyalah gunaan kedua jenis barang dagangan tersebut, saat pelaksanaan ibadah bulan puasa ramadhan, hingga perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini.

"Mohon maaf lahir dan batin, mari sama - sama kita menjaga kesucian bulan suci ramadhan saat ini. Dan bersama - sama menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai dilingkungan sekitar masing - masing kedepan. Semoga ramadhan tahun ini membawa berkah bagi kita semua bersama seluruh warga Kabupaten Padang Lawas kedepan, amin".tambah Gojali. (Armen/AH2).
Komentar

Tampilkan

  • Diduga Pemicu Keributan Antar Desa, Pemkab Imbau Pedagang di Palas Tidak Perjual Belikan Senapan Mainan dan Petasan
  • 0

Terkini