Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sosperda Penanggulangan Bencana, M Rizki Lubis: Masyarakat Harus Lebih Peduli Kelola Sampah

Minggu, 17 April 2022, 19.57 WIB Last Updated 2022-04-17T12:57:51Z

MEDAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan, Muhammad Afri Rizki Lubis SM MIP, mengajak warga lebih peduli terhadap pengelolaan sampah di lingkungan sekitar, karena merupakan salah satu faktor penyebab sering terjadinya banjir di Kota Medan.

Hal itu disampaikan Muhammad Afri Rizki Lubis, yang juga Ketua Komisi III DPRD Medan, saat melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) Kota Medan No 2 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana, di Jalan Pasar 1 No 95 Kelurahan Tanjung Sari, Kecataman Medan Selayang, Sabtu (19/3/2022) sore.

Dalam sambutannya, politisi dari Fraksi Golkar DPRD Kota Medan ini mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan antusiasme warga dalam sosialiasi perda tersebut.

"Mari bersama-sama lebih peduli, khususnya persoalan sampah. Parit, drainase bukanlah tempat pembuangan sampah. Membiarkan sampah menumpuk di parit, hanya akan mengundang bencana banjir," ungkap Rizki.

Rizki menambahkan, melalui sosialisasi ini, warga diharapkan lebih antisipasi menghadapi bencana yang datang.

Sementara itu, Muh Yamin Daulay dari Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mengatakan sosialisasi Perda No 2 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana ini, agar warga tidak buta aturan, tahu hak dan kewajibannya.

"Kelurahan Tanjung Rejo sebagai daerah rawan banjir telah ditetapkan sebagai Kelurahan tangguh bencana, karena kondisi wilayahnya," papar Yamin.

Bencana banjir, kata Yamin, sebagian disebabkan perilaku masyarkat. Banyak drainase tersumbat karena sampah yang tidak dikelola dengan baik.

Yamin kemudian menjabarkan, dalam penanggulangan bencana terdiri dari beberapa tahapan, yakni Pra Bencana, Darurat Bencana dan Pasca Bencana.

"Tahapan Pra Bencana, termasuk di dalamnya unsur kesiapsiagaan. Bencana tidak dapat diprediksi. Masyarakat harus selalu bersiap, khususnya saat indikasi bencana terjadi," terangnya.

Pada tahapan Darurat Bencana, BPBD bertugas membantu penanggulangan bencana yang terjadi.

"Kita menyiapkan alat-alat penanggulangan bencana, seperti perahu dan sebagainya. Peran BPBD disini, fokus pada aksi penanggulangan," katanya lagi.

Yamin pun mengingatkan warga, agar meningkatkan naluri menolong, insting membantu sesama. Karena, hal itu sangat penting saat bencana terjadi.

Sosperda berlangsung penuh keakraban, Rizki Lubis pun menyempatkan diri menerima ajakan foto bersama dari warga yang terus menyuarakan: Rizki Dua Periode.

Turut hadir dalam sosperda, mewakili pihak Kecamatan Sunggal Suharto, BPBD Kota Medan Muh Yamin Daulay, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat. (red)

Komentar

Tampilkan

  • Sosperda Penanggulangan Bencana, M Rizki Lubis: Masyarakat Harus Lebih Peduli Kelola Sampah
  • 0

Terkini