Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

AZP Hadiri Deklarasi stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Aek Nabara Barumun

Selasa, 22 November 2022, 21.10 WIB Last Updated 2022-11-22T14:10:46Z


Palas | jurnalpost.net

.Alam mengupayakan bersih lingkungan, komitmen Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Lawas pantas diapresiasi. Program open defecation free (ODF) atau stop Buang Air Besar di Sembarang tempat (BABS) terus digalakkan.

Dinkes Padang Lawas kembali mendeklarasikan 25 desa di Kecamatan Aek Nabara Barumun sebagai Kecamatan dan desa ODF Selasa (22/11). Deklarasi digelar di Lapangan Puskesmas Aek Nabara Barumun di Desa Padang Garugur Tonga, Kecamatan Aek Nabara Barumun.


Plt Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si (AZP), Ketua TP PKK Padang Lawas Ny Hj. Emma Nurul AZP, Perwakilan Dinkes Provinsi Sumutera Utara , anggota DPRD Kholid Mulia Daulay S.Kes, para Pimpinan OPD, para Camat, para Kepala Puskesmas, pengurus IDI, IBI, para Kepala Desa se-Kecamatan Aek Nabara Barumun, Koramil 09/Barumun Tengah, dan Maching Bandung MTsN 2 Padang Lawas dan ratusan undangan hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam arahannya, Plt Kadis Kesehatan Padang Lawas Amelia Roitona Nasution SKM mengatakan, maksud dan tujuan deklarasi ODF ini salah satunya adalah memberikan motivasi dan dorongan kepada semua pihak untuk segera meningkatkan akses sanitasi yang layak di Kabupaten Padang Lawas, khususnys Kecamatan Aek Nabara Barumun, Selanjutnya mewujudkan Kecamatan Aek Nabara Barumun bebas BABS.


Kami selaku satuan kerja yang menangani bantuan sosial ini dan sesuai program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) adalah pemberdayaan masyarakat. Maka dari itu bansos ini merupakan stimulan kepada masyarakat untuk merubah perilakunya dari buang air sembarangan ke jamban sehat,” lanjutnya.

Dan hari ini, kita menorehkan sejarah bahwa sebanyak 25 desa di Kecamatan Aek Nabara Barumun telah mendeklarasikan bebas BABS, patut kita syukuri baru ini kali pertama pendeklarasian bebas BABS, kita tunggu Kecamatan lainnya untuk menyusul.


Harapan saya, kata Amelia, kegiatan deklarasi ODF ini dapat meningkatkan komitmen bersama untuk terus menjaga dan mempertahankan perilaku bersih sehat yang salah satunya adalah BAB di jamban.

Plt Bupati AZP mengatakan, program STBM antara lain tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makan yang aman. Selain itu mengelola sampah rumah tangga dengan aman dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.


“Saya yakin keberhasilan ini tidak lepas dari peran kepala desa yang ikut serta dalam upaya mengajak masyarakat beralih ke jamban sehat. Dengan adanya jamban sehat seperti sekarang ini, paling tidak penyakit menular yang disebabkan oleh diare bisa berkurang karena kita hidup sehat,” kata beliau.

“Mari bersama kita terapkan hidup bersih dan sehat sangatlah penting dan tak lupa jaga kesehatan,” pesan AZP.
     (ARMEN AH2)
Komentar

Tampilkan

  • AZP Hadiri Deklarasi stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Aek Nabara Barumun
  • 0

Terkini