Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

BPKAD Padang Lawas sosialisasikan Penatausahaan Keuangan menggunakan SIMDA-NG

Kamis, 17 November 2022, 06.23 WIB Last Updated 2022-11-16T23:23:31Z


Palas |jurnalpost.net

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sosialisasikan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah Next Generation (SIMDA-NG) tahun 2022.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman pentingnya pengelolaan manajemen keuangan berbasis aktual dan transparansi, dengan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumatera Utara Riyadi dkk, peserta berasal dari seluruh Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilaksanakan selama dua hari (16-17-11/22).


Plt Bupati Padang Lawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si (AZP) melalui Asisten III Administrasi Umum Drs.H.Amir Soleh didampingi Plt Kepala BPKAD Fajaruddin SE MM mengatakan, manajemen keuangan berbasis aktual merupakan salah satu ciri dari praktik manajemen keuangan modern, yang bertujuan untuk memberikan Informasi yang lebih transparan mengenai segala pembiayaan.

“Hal inilah yang membuat Pemkab Padang Lawas dituntut untuk mengelola pemerintahan baik dengan menyajikan strategis penataan manajemen keuangan, penggunaan anggarannya harus dilaksanakan secara sehat, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan auditabel yang ditunjang dengan fungsi pengawasan yang baik,” ungkap Amir Soleh saat membuka workshop teknis aplikasi SIMDA-NG, di Aula Hotel Syamsiah Jalan Surapati Lingkungan III Sibuhuan, Rabu (16/11/22).


Amir menjelaskan, ada beberapa strategi yang harus dilakukan guna mencapai pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel, diantaranya melakukan perencanaan dan pengendalian atas penyelenggaraan Pemerintahan.

Ia berharap, seluruh OPD dapat memahami proses pengelolaan APBD yang terintegrasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sebab aplikasi SIMDA-NG ini hanyalah sebagai alat bantu, dan tentunya yang paling penting adalah kedisiplinan dari para pengguna aplikasi.


“Apabila ada yang tidak diketahui silahkan bertanya, sehingga apa yang didapat dari kegiatan ini dapat diaplikasikan dengan baik dan benar di tempat kerja masing-masing,” tutup Amir Soleh.
   (ARMEN AH2)
Komentar

Tampilkan

  • BPKAD Padang Lawas sosialisasikan Penatausahaan Keuangan menggunakan SIMDA-NG
  • 0

Terkini