Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Hari ini, 10 Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Padang Lawas Resmi Melantik anggota PKD

Senin, 06 Februari 2023, 19.22 WIB Last Updated 2023-02-06T12:22:37Z

PALAS | Jurnalpost.net
Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) memiliki tugas penting untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat dengan meningkatkan partisipasi pada Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, hal ini dikatakan Ketua Panwaslu Kecamatan Barumun Selatan Saleh Rosidi Nasution didampingi anggota Riadi Habibi Nasution, Ikbal Hafiz Lubis dan Kasek Rosida Nasution, saat memberikan arahan di pelantikan PKD se Kecamatan Barumun Selatan di Sekretariat Panwaslu Jalan Sibuhuan-Hapung simpang Pagur satio, Senin (6/2/23).

Lanjut Saleh, mengingat beban tugas PKD yang berat, maka setiap anggota Panwas pada tingkat Kelurahan dan desa harus menjaga netralitas dalam kinerjanya. Tidak boleh berat sebelah. PKD merupakan ujung tombak suksesnya penyelenggara pemilu.


“Menjadi penyelenggara pemilu, tentunya harus memiliki integritas tinggi. Jangan mudah terpengaruh. Saya berharap, seluruh PKD bekerja sama menjalankan kewajibannya sesuai peraturan dan perundangan serta bisa berkoodinasi dengan baik. Selain itu, setia kepada Pancasila dan selalu ingat kepada sumpah yang sudah diucapkan,” lanjut Saleh

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Panwaslu Kecamatan Lubuk Barumun Tor tua Hasibuan, bahwa sumpah yang diikrarkan PKD terpilih merupakan sumber etika sebagai penyelenggara pemilu. Ia pun meminta kepada seluruh PKD se Kecamatan Lubuk Barumun agar membaca Perbawaslu dan PKPU serta peraturan DKPP terkait Kode Etik sebagai penyelenggara Pemilu. Agar PKD mengetahui apa saja yang menjadi batasan-batasannya. Sehingga dalam menjalankan tugas dan fungsi jabatan dapat berjalan sesuai dengan aturan,” kata Tor tua saat ditemui di sekretariat Panwaslu Lubuk Barumun di Desa Pasar Latong usai pelaksanaan Pelantikan di Kecamatannya.

Sesuai Juknis Nomor 0215 yang dikeluarkan Bawaslu Republik Indonesia, bahwa pada 13 Maret 2020 sudah memasuki tahapan pelantikan untuk Panwaslu Kelurahan/Desa yang terpilih, ucap Tor tua.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Padang Lawas Rahmat Efendi Siregar SS mengucapkan, Selamat kepada seluruh anggota PKD se Kabupaten Padang Lawas yang telah resmi dilantik, semoga amanah dan penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugas dan pungsi (tupoksi) sebagai PKD terpilih.

” Laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab di wilayah kerja masing – masing. ”


“Bekerjalah dengan profesional dan berintegritas. Saudara saudari semua adalah ujung tombak pengawasan pemilu yang langsung berhadapan dengan masyarakat, saat melaksanakan tugas di pemilu tahun 2024 mendatang, Bersama Rakyat Awasi Pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu, ” tandas Rahmat.

Sebagai informasi, sebanyak sepuluh (10) Panwaslu Kecamatan melaksanakan pelantikan dan pembekalan seluruh PKD di hari yang sama, PKD yang dilantik merupakan peserta calon PKD lulus tes administrasi dan wawancara terdiri dari 1 orang per desa, Pelantikan PKD di 10 Panwaslu Kecamatan dilakukan di beberapa lokasi di Kecamatan masing masing, adapun Panwaslu yang melaksanakan pelantikan pada hari ini Senin (6/2/23) adalah, Panwaslu Kecamatan Barumun Selatan, Barumun, Lubuk Barumun, Barumun Baru, Ulu Sosa, Sosa Julu, Sosa, Batang Lubu Sutam, Sosa Timur dan Panwaslu Kecamatan Hutaraja Tinggi.

Reporter : ilham syarif
Komentar

Tampilkan

  • Hari ini, 10 Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Padang Lawas Resmi Melantik anggota PKD
  • 0

Terkini