Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Fenomena Langka Bulan Bersanding Bintang Hiasi Langit Kota Medan, Ini Penjelasan BBMKG

Sabtu, 25 Maret 2023, 12.25 WIB Last Updated 2023-03-25T05:25:10Z


Medan | jurnalpost.net
Keindahan bulan berbentuk sabit dengan bagian ujung seperti diterangi bintang terlihat pada malam ketiga bulan suci Ramadan 1444 Hijriah. Keindahan langit pada Jumat malam, 23 Maret 2023 itu tampak jelas di Kota Medan.

"Indah kali malam ini, ada bulan dan bintang. Terlihat jelas dengan mata telanjang ini. Di foto menggunakan handphone juga tampak jelas," ujar J Wijaya, warga Kota Medan. 

Mengenai fenomena ini, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memberikan penjelasan bahwa peredaran planet-planet dalam mengelilingi matahari pada orbitnya yang berbentuk elips.

"Memungkinkan antarplanet akan berpapasan pada waktu tertentu. Fenomena ini juga disebut konjungsi antarplanet," kata On Duty BBMKG I Medan, Hanif Zarkasi saat dikonfirmasi Awak media, Jumat, 24 Maret 2023 malam.

Hanif mengungkapkan, terjadinya fenomena ini, hanya sekali dalam beberapa tahun sehingga disebut fenomena yang cukup langka. Sama halnya dengan konjungsi yang terjadi antara bulan dan venus pada Jumat sore.

"Dimana bumi, bulan, dan venus berada pada satu garis lurus sehingga posisi bulan dan venus cukup berdekatan, satu sama lain saat diamati dari bumi," kata Hanif.

Hanif menambahkan, untuk melihat fenomena bulan ini tidak perlu menggunakan alat bantu. Cukup menggunakan mata telanjang, keindahan bulan tersebut dapat dilihat secara langsung.

"Fenomena ini, dapat diamati dengan mata telanjang. Setelah matahari terbenam hingga venus terbenam," ujar Hanif.

(Red)

Komentar

Tampilkan

  • Fenomena Langka Bulan Bersanding Bintang Hiasi Langit Kota Medan, Ini Penjelasan BBMKG
  • 0

Terkini