Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

*Kabar Kabari Humbang Hasundutan*Wartawan/wartawati Menyuarakan Pentingnya Perlindungan Hukum Terhadap Kebebasan Pers.

Jumat, 02 Juni 2023, 05.41 WIB Last Updated 2023-06-01T22:42:22Z



Humbahas | jurnslpost.net

-Menjadi seorang jurnalis, membuat kita tau akan segala hal. Bukan hanya itu, menjadi seorang jurnalis juga menjadi jalan pintas bagi mereka yang senang berpetualang. Bukan hanya berpetualang di dalam negeri saja, bahkan luar negeri pun bisa ditempuh oleh seorang jurnalis.

-Masih banyak lagi keuntungan menjadi seorang jurnalis, diantaranya yaitu bisa bertemu dan berinteraksi atau berkomunikasi langsung dengan orang-orang penting. Seorang jurnalis juga merupakan profesi yang mulia, karena bisa memberikan wawasan terhadap masyarakat. Menjadi seorang jurnalis juga membentuk pribadi yang tangguh.

-Memang pekerjaan yang tampak berat dan penuh dengan resiko, sehingga tidak semua orang mau bekerja di bidang ini. Jurnalis dituntut untuk membongkar fakta dan mencari kebenaran. Mereka harus terus mengorek informasi atau data sampai menemukan fakta. Belum lagi tekanan deadline yang mengejar para jurnalis setiap harinya.

-Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan Indonesia memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme. Atas dasar itu, wartawan Indonesia menetapkan dan menaati Kode Etik Jurnalistik.

-Kemerdekaan berpendapat, berekspresi, dan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Kemerdekaan pers adalah sarana masyarakat untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi, guna memenuhi kebutuhan hakiki dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

-Perlindungan hukum yang dimaksud disini tak lain adalah jaminan perlindungan dari pemerintah dan atau masyarakat yang diberikan kepada wartawan dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan peranannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.(J Purba).
Komentar

Tampilkan

  • *Kabar Kabari Humbang Hasundutan*Wartawan/wartawati Menyuarakan Pentingnya Perlindungan Hukum Terhadap Kebebasan Pers.
  • 0

Terkini