Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Dapat Penghargaan, Raih WTP 7 Kali Berturut – Turut .

Selasa, 15 Agustus 2023, 08.49 WIB Last Updated 2023-08-15T01:49:30Z




Humbahas | jurnalpost.net
 
 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) mendapat Penghargaan dari Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) atas perolehan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 7 Kali Berturut turut, di Hotel Adimulia, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 8, Medan, Senin 14-08-2023.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mendorong semua Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Kota (Pemkot) meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sebab dikatakan WTP merupakan tanda Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sesuai dengan standar akuntansi Indonesia.

“Memang, tidak mudah untuk meraihnya, tetapi merupakan kewajiban dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan, akuntabilitas dan juga transparan. Kita ingin semua daerah di Sumut bisa meraih WTP,” ucap Edy Rahmayadi,

Acara Kick Off Meeting, Opini WTP LKPD Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemkot merupakan kewajiban bagi seluruh Pemda dan pemkot sebagai bentuk pertanggungjawaban pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Disampaikan, dari 33 pemerintah kabupaten dan kota di Sumut, dikatakan Edy Rahmayadi, masih ada delapan daerah lagi belum pernah meraih WTP untuk LKPD tahun 2023, namun bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan penghargaan WTP berikutnya.

Namun, Edy Rahmayadi, hanya menyebut 14 Pemda peraih WTP diatas 4 kali berturut-turut, seperti Labuhanbatu Utara (Labura) 10 kali, Pemprov Sumut, Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Tapanuli Utara (Taput) 9 kali, Humbahas dan Toba 7 kali, Samosir dan Asahan 6 kali. Tebingtinggi, Batubara, Gunungsitoli, Sibolga, Deliserdang dan Serdang Bedagai (Sergai) masing-masing 5 kali,

Pemda dan Pemkot yang meraih WTP lima kali berturut, mendapat penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melalui Perwakilan Sumut. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) diterima Sekda Drs Tonny Sihombing MIP.

Edy Rahmayadi, memotivasi seluruh Pemda dan Pemkot, agar terus meraih WTP. Bukan hanya yang lima kali diberi apresiasi, tetapi  kepada semua yang berhasil mendapat Opini WTP akan diberikan penghargaan sebagai bentuk dorongan dari Pemprov Sumut.

“Lima kali berturut-turut mendapat bonus dari Kemenkeu, patut diapresiasi. Kita (Pemprovsu-red) layak memberikan apresiasi bagi peraih WTP, sebagai tanda awal baik dalam pengelolaan keuangan yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Edy

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Pemprov Sumut, Ismael Parenus Sinaga mengatakan Kick off ini merupakan momentum dalam menyusun keuangan yang baik bagi seluruh Pemda dan Pemkot SE Sumut.

“Jelang hari Kemerdekaan RI ke-78,  momentum bagi Pemda, Pemkot dapat menyusun keuangan dengan baik. Termasuk juga Pemprovsu kedepan mampu meraih 10 kali WTP berturut-turut,” tukasnya

Ismael Parenus Sinaga, yang juga sebagai ketua panitia acara Kick Off Meeting, Menuju 10 WTP Pemprov Sumut, optimis seluruh Pemda  memiliki komitmen sama menciptakan tatakelola keuangan yang baik akuntabel serta transparan.

Hadir pada acara, Koordinator Bidang Keuangan Daerah Kemendagri , Yohanes Sena, Kepala BPK RI Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Inspektur Sumut Lasro Marbun, Kadis Kominfo Ilyas S Sitorus, Kadis Kesehatan Alwi Mujahit Hasibuan.
 (J Purba)
Komentar

Tampilkan

  • Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Dapat Penghargaan, Raih WTP 7 Kali Berturut – Turut .
  • 0

Terkini