Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Jelang Pemilu 2024, Polres Palas Gelar FGD Rumah Kebangsaan.

Senin, 27 November 2023, 22.48 WIB Last Updated 2023-11-27T15:49:06Z






PALAS | jurnalpost.net

Menjelang pesta demokrasi lima tahunan, Pemilu 2024, Kepolisian Resor Padang Lawas (Polres Palas), Polda Sumatera Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) Rumah Kebangsaan untuk Pemilu Damai di Kabupaten Palas, Sabtu (25/11/2023), yang dilaksanakan di Aula Hotel Al-Marwah Sibuhuan, Jalan Ki Hajar Dewantara, Lingkungan VI, Padang Luar, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun. 

Kegiatan dengan tema "Melalui FDG Mari Kita memelihara keamanan dan Ketertiban masyarakat serta mewujudkan Pemilu Tahun  2024 yang Damai di Wilayah Palas".

Adapun Peserta yang hadir pada tersebut  Waka Polres Palas Kompol Sugianto, S.Pd., Kasat Intelkam Polres Palas AKP Sahala Harahap, SH., Kasat Binmas Polres Palas AKP Rahmad SALEH Nainggolan, SH., Perwakilan Danramil Barumun Serka Zuniary., 

Para Babhinkamtibmas Polres Palas., Para Camat dan Sekcam Kabupaten palas., Para Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Kabupaten palas, dan Insan Pers serta Para Undangan lainnya.

Kegiatan FGD Rumah Kebangsaan tersebut dengan Menghadirkan 4 Narasumber yakni Kaban Kesbangpol Palas Alhaji Alamsyah Siregar yang diwakili Kabid Idiologi Wasbang,  Badan Kesbangpol Palas Mukhlis Nasution,. Wakil Ketua BPA Kabupaten Palas Raja Sahnan Hasibuan, Mewakili Bawaslu Palas, Ali Aman Hasibuan, dan Kasat Reskrim Polres Palas AKP Hitler Hutagalung, SH, MH.

Rangkaian Kegaiatan FGD Rumah Kebangsaan itu, diawali dengan Pembukaan dari Pembawa Acara, pembacaan Doa, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Dilanjutkan Arahan dan Bimbingan dari Waka Polres Palas, Kompol Sugianto, S.Pd, membacakan sambutan Kapolres Palas AKBP Diari Astetika, S.I.K., mengatakan, Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Rumah Kebangsaan dalam rangka memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta mewujudkan pemilu tahun 2024 yang damai di wilayah kabupaten palas padang lawas.

Adapun tujuan kegiatan FGD ini kita laksanakan adalah untuk saling bersilaturrahmi dan mempererat silaturrahmi antara polri dengan tni, dengan pemda setempat, dengan para tokoh agama dan lapisan masyarakat khusunya yang saat ini mewakili para tokoh adat dari kecamatan Se-kabupaten palas. Kata Waka Polres Palas.

Lanjut, Waka Polres Palas, Karena dengan demikian kita dapat saling tukar pikaran, dapat mendiskusikan hal – hal yang berkaitan dengan masalah keamanan, apalagi saat ini kita menuju pemilu serentak tahun 2024 yang tahap-tahapanya sedang berlangsung baik itu pilpres maupun pilleg.

Masalah keamanan, polri tidak akan mampu menyelesaikan dan menajalankan amanah yang diberikan tanpa dukungan instansi terkait serta seluruh lapisan masyarakat khusunya para tokoh agama dan tokoh adat yang ada di kabupaten palas, apalagi wilayah kita ini masih memegang istilah ”Dalian Natolu” dimana permasalahan–permasalahan yang terjadi di tengah–tengah masyarakat dapat kita selesaikan melalui kearifan lokal atau musyawarah dan mufakat. 
pemilu kita saat ini berasaskan pemilu luber dan jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil), dimana pemerintah, TNI-POLRI dan masyarakat ikut serta menjagai kedamaian dalam pemilu. Ujar Kompol Sugianto.

"Kami (Polres Palas) berharap kegiatan FGD yang kita laksanakan ini semoga tidak hanya menjadi acara seremonial saja,  tetapi menjadi langkak konkrit untuk sama–sama menjaga kondusifitas kamtibmas pada setiap tahapan pemilu. semoga para peserta dapat menjadi pelopor pemilu damai di tengah–tengah masyarakat, marilah kita menyampaikan pesan kamtibmas ”jadilah pemilih yang cerdas, boleh beda pilihan tapi jangan ribut dan tetap jaga situasi kamtibmas yang kondusif” ”masyarakat damai saja,  boleh menyuarakan siapa calonnya, tapi jangan sampai berantam”. Harap Kompol Sugianto.

Karena siapapun yang terpilih nanti yang kita utamakan adalah menjaga persatuan dan kesatuan walaupun ada perbedaan dalam pilihan. jadi sekali lagi kami mengajak seluruh lapisan masyarakat “mari kita jaga pemilu damai 2024. Ajak Waka Polres Palas.
 
Semoga acara kita dapat berjalan dengan lancar, dan nanti beberapa materi akan disampaikan dari berbagai 
Narasumber sehubungan dengan pemilu damai, semoga bisa menambah wawasan kita untuk dapat kita sampaikan demi mewujudkan pemilu damai 2024 khusunya di kabupaten palas. Demikian sambutan Kapolres Palas yang di sampaikan Waka Polres Palas, Kompol Sugianto, S.Pd.

Dilanjutkan Pemaparan Materi dari Ketua Bawaslu Palas yang diwakili oleh Ali Aman Hasibuan, Staf SDMO, Diklat dan Datin Bawaslu Palas tentang Pemilu Tahun 2024" Mengawal demokrasi melalui pengawasan partisipatif.

Setelah itu, Pemaparan Materi dari Kaban Kesbangpol Palas Alhaji Alamsyah Siregar diwakili oleh Kabid Idiologi Wasbang, Badan Kesbangpol Palas Mukhlis Nasution, tentang Wawasan Kebangsaan.

Lebih lanjut Pemaparan Materi dari Wakil Ketua Badan Pemangku Adat Kabupsten alas, Raja Salman Hasibuan, tentang Pemilu damai, aman dan tentram, serta BPA, Tokoh Agama, Masyarakat mendukung Polres Palas mewujudkan Pemilu Tahun  2024 yang Damai di Wilayah Palas.

Setelah selesai semua narasumber untuk memaparkan materinya, dilakukan Sesi Tanya Jawab, antara Narasumber dengan dengan peserta yang hadir.

Sesi tanya jawab selesai selanjutnya diakhir acara Kata Penutup dari Waka Polres Palas, Kompol Sugianto, S.Pd, 

Kesimpulan kegiatan FGD Rumah Kebangsaan dan deklarasi damai Pemilu Tahun 2024, sebagai berikut, melalui kegiatan FGD ini diharapkan dapat menjadikan persamaan persepsi dan sinergitas yang baik demi mewujudkan stabilitas politik yang aman dan kondusif.

Agar semua dapat berperan aktif dan mampu memberikan solusi dalam rangka mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas selama tahapan pemilu serentak 2024. Mendorong partisipasi masyarakat dalam membantu mewujudkan stabilitas politik di OKU Timur yang kondusif.





Melalui penyampaian materi oleh KPU Palas, Bawaslu Palas dan Satreskrim Polres Palas pada giat FGD dan deklarasi damai Pemilu Tahun 2024 memberikan pengertian terkait mekanisme dalam memghadapai tahapan Kampanye, dari mulai penerbitan surat izin kegiatan, tata cara penyampaian kampanye, penanganan pelanggaran maupun cara penyelesian pelanggaran kampanye pada Pemilu.

Kegiatan FGD dan deklarasi damai Pemilu  tahun 2024 terlaksana sebagai upaya dalam terlaksananya deteksi dini (early detection), peringatan dini (early warning), dan deteksi aksi guna terciptanya Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif (sebelum, pada saat dan pasca pelaksanaan).

Selepas itu, Menyanyikan Lagu Padamu Negeri diteruskan dengan Foto bersama dan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Kabupaten palas.

"Pelaksanaan Kegiatan FGD dan Deklarasi damai Pemilu Tahun 2024 berakhir pada pukul 11.30 wib dalam keadaan aman dan kondusif'. Tutup Waka Polres Palas, Kompol Sugianto, S.Pd. (AH2)


Komentar

Tampilkan

  • Jelang Pemilu 2024, Polres Palas Gelar FGD Rumah Kebangsaan.
  • 0

Terkini