Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Saat Wamenhan Prihatin Kendaraan Operasionalnya Lebih Bagus ketimbang Operasional Prajurit TNI di Perbatasan

Jumat, 01 Maret 2024, 20.45 WIB Last Updated 2024-03-01T21:18:30Z


Nasional | Jurnal Post

Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra merasa prihatin dengan kendaraan operasional TNI yang bertugas di perbatasan.

Padahal, menurut Herindra, kendaraan operasional yang bagus harusnya dinikmati oleh TNI yang menjaga kedaulatan negara di daerah perbatasan dengan akses cukup sulit. 

Hal itu disampaikan Herindra dalam acara Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU 2024 di Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusuma,

Herindra bercerita, alat operasional di daerah perbatasan di Merauke tidak berubah sedari dia menjabat kapten di daerah itu sampai memiliki pangkat bintang tiga.

"Saya dulu zaman kapten, itu pos Merauke itu saya lihat aduh, pas saya datang (sudah) bintang tiga ke sana, aduh enggak beda jauh," kata dia.

"Mobilnya masih kadang-kadang nyala kadang-kadang enggak nyala, (alat) komunikasinya begitu juga. Bahkan saya pernah ngecek bagaimana prajurit kita di daerah depan daerah perbatasan itu bawa motor sendiri dari rumah untuk patroli, enggak bener ini," kata dia.

Dia kemudian meminta agar TNI bisa mengutamakan pengiriman alat transportasi yang baik ke daerah perbatasan.

"Kalau di daerah basis motor bisa digunakan 10 tahun, kalau di daerah operasi paling dua tahun ganti lagi, enggak masalah, uang kita banyak kok kalau kita mau," ujar Herindra.

Ia juga mengaku kesal karena sering diistimewakan untuk mendapat ganti kendaraan, padahal kendaraannya masih cukup bagus.

Sementara itu, kata dia, prajurit di daerah perbatasan harus berjibaku dengan alat transportasi yang secara spesifik masih sangat kurang.

"Jangan malah mobil saya dua tahun masih bagus sudah diganti, padahal saya mobil saya itu bagus Land Cruiser 4x4," kata dia.

"Sementara prajurit kita di pegunungan, mobilnya aduh. Kalau perlu saya bilang mobil di pegunungan sana jangan pakai mobil-mobil (dengan spesifikasi rendah). Lihat enggak kalau kita di Timika, Freeport, bagaimana mobilnya? Yang top speknya tinggi-tinggi karena dipakai operasi," ucap dia.

(Red)


Komentar

Tampilkan

  • Saat Wamenhan Prihatin Kendaraan Operasionalnya Lebih Bagus ketimbang Operasional Prajurit TNI di Perbatasan
  • 0

Terkini