Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Palas menggelar pelantikan 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Kamis, 16 Mei 2024, 21.12 WIB Last Updated 2024-05-16T14:13:09Z



PALAS | jurnalpost.Net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menggelar pelantikan 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pelantikan diawali pengambilan sumpah jabatan, penandatangan berita acara dan fakta integritas oleh Ketua KPU Padang Lawas Indra Alamsyah, Para petugas PPK ini akan menjalani masa kerja aktif selama 8 bulan hingga pemungutan suara pemilihan umum, bertempat di Hotel Al-Marwah Jalan Ki Hajar Dewantara Padang Luar, Sibuhuan, Kamis (16/5/24). 
Ketua KPU Padang Lawas Indra Alamsyah kepada media mengatakan keberadaan PPK menjadi satu kesatuan dengan KPU. Maka dalam pemilihannya pun menyesuaikan prinsip independensi. Agar mereka yang bertugas tidak memihak kecuali dalam menegakkan aturan penyelenggaraan pemilu.

“Kita tetap menjaga independensi. Staf di partai politik itu tidak boleh. Karena itu ada kepentingan politik. Tapi kalau dia pekerja toko atau punya usaha. Itu gak masalah,” ujarnya kepada wartawan usai Pelantikan Anggota PPK di Aula Hotel Al-Marwah. 

Dalam komposisi PPK ini, lanjut Indra, tercatat ada dua nama wartawan yang masih aktif bertugas. Yakni atas nama Sahat Gemayel Lubis berasal dari Desa Hutarimbaru, Kecamatan Barumun dan M.Edi Riski Tasosa Nasution dari Desa Botung Kecamatan Batang Lubu Sutam, yang merupakan wartawan media Online dan tergabung dalam Organisasi Wartawan di Persatuan Wartawan Media Online Indonesia (PW-MOI) Padang Lawas. 

Hal itu tidak menjadi persoalan karena memang ada kuota bagi media untuk masuk ke lembaga adhoc. Bahkan komisioner KPU maupun Bawaslu banyak yang berlatar belakang wartawan.

“Wartawan tidak ada masalah karena memang ada dalam komposisi PPK. Itu ada memang kuota untuk media. Di dalam komposisi penyelenggara itu pertama ada akademisi kemudian LSM dan media yang masih aktif,” tuturnya lagi.

Indra mengingatkan kepada PPK untuk menyesuaikan diri dengan peraturan KPU. Karena mereka sudah resmi menjadi bagian penyelenggara pemilu. Termasuk taat pada aturan, kode etik dan tidak boleh mengkritisi pemerintah. Selain itu, anggota PPK akan menempati kantor di kecamatan dan meminta anggota PPK untuk membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah setempat.

“Itu malah semakin komplit. Dulu rekrutmen KPU itu seperti itu. Begitu juga ke bawahnya. Ada tokoh masyarakat nya ada temen-temen aktivis, ada tokoh pemuda dan ada yang berkarir mulai dari PPS PPK sampai jadi anggota KPU. Posisi itu kita buat sedemikian rupa,” tambahnya", sambil menutup pembicaraan. 

Terpisah, Wartawan yang dilantik jadi PPK atas nama Sahat Gemayel Lubis kepada Media menyebutkan Terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh stocholder yang telah memberikan dukungan kepada saya terutama buat rekan saya Ketua PW-MOI Padang Lawas Aswin Kurnia yang telah bersusah payah memberikan motivasi serta dukungan yang tak ternilai harganya bagi saya, mudah mudahan pekerjaan ini amanah dan dapat saya pertanggung jawabkan nantinya di kemudian hari, Sekali lagi Terima kasih para rekan rekan sekalian, tutur Sahat sembari melambaikan tangannya. 



Reporter:Ilham syarif
Komentar

Tampilkan

  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Palas menggelar pelantikan 85 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)
  • 0

Terkini