Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Perpisahan dan Pelepasan Kelas XII SMKN 1 Barumun Angkatan Ke XVII TA 2023/2024, Berlangsung Sukses

Jumat, 03 Mei 2024, 08.37 WIB Last Updated 2024-05-03T01:37:58Z



PALAS | jurnalpost.Net

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barumun (SMKN1 Barumun) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Mengadakan Acara Perpisahan Dan Pelepasan Siswa/ Siswi kelas XII Tahun ajaran 2023/2024 Serta Acara Pisah Sambut Guru-Guru SMKN 1 Barumun di Lapangan SMKN 1 Barumun, Selasa (30/04/2024).

Tentunya acara ini sangat meriah dengan berbagai macam penampilan dari siswa & siswi SMK Negeri 1 Barumun yaitu Tari Pasombahan, Musik Tradisional, Adat Mandailing, cerita rakyat, dan Hiburan lainnya.

Turut Hadir Sekretaris Disdikbud M.Syahdin Daulay S.PdI MM, Kacabdis Wilayah Gunung tua Marwan Fauzi Batubara S.Sos, Kabid Dikdas Disdikbud Ahmad Damhuri SE, Ketua Komite SMKN I Barumun H.Idaham Butar Butar SE, Kepala SMA I Barumun Ikhsanul Nasir Hasibuan S.Ag, MM, Sekretaris PGRI Syukri Lubis S.Pd, beberapa Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, DUDI (Dunia Usaha & Dunia Industri) dan banyak lainnya.

Para guru-guru, karyawan dan juga para orang tua murid kelas XII siswa/ siswi SMKN 1 Barumun,”pungkasnya.



Terlihat Kepala Sekolah SMKN 1 Barumun Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST, M.Si, bersama Sekretaris Disdikbud M.Syahdin Daulay S.PdI MM, Kacabdis Wilayah Gunung tua Marwan Fauzi Batubara S.Sos, Kabid Dikdas Disdikbud Ahmad Damhuri SE, Ketua Komite SMKN I Barumun H.Idaham Butar Butar SE, Kepala SMA I Barumun Ikhsanul Nasir Hasibuan S.Ag, MM, Sekretaris PGRI.
Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) wilayah Gunung tua Marwan Fauzi Batubara S.Sos menghimbau seluruh siswa/siswi SMKN 1 Barumun untuk memanfaatkan ilmu yang telah didapat sebagai modal dalam menghadapi perkembangan zaman teknologi yang terus berkembang.

“Salah satunya menjadi wirausaha muda dengan memanfaatkan media online yang ada. dunia usaha saat ini terutama usaha kreatif, banyak yang meraih kesuksesan dengan mengembangkan bisnisnya serta memasarkan produknya di media online,” tuturnya.

Ia juga berharap, para siswa tersebut bisa melihat peluang yang ada serta memanfaatkannya untuk meningkatkan kualitas diri, mensejahterakan keluarga serta membangun Kabupaten Padang Lawas.

“Karena generasi yang hebat adalah generasi yang jeli melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Saya yakin kalian akan membuktikan diri menjadi orang yang sukses di kemudian hari,” pungkasnya.

Ditempat sama dalam sambutan singkatnya, Sekretaris Disdikbud M.Syahdin Daulay S.PdI MM, l mengatakan “SMK Negeri 1 Barumun merupakan SMK Pertama Negeri di Kabupaten Palas dan juga merupakan SMK yang menjadi Keunggulan. SMK tersebut sudah teruji dan alumninya tersebar di mana-mana .sehingga lulusannya mempunyai soft skill yang berisi nilai-nilai yakni, budaya kerja, disiplin dan pekerja keras. Perlu diketahui, indikator keberhasilan SMK itu adalah seberapa banyak lulusannya diserap oleh dunia usaha dan industri”, ujar Bapak Syahdin.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Barumun Bidarlis Nur Ibrahim Rangkuti ST, M.Si menysmpaikan, tahun ini acara pelepasan dan wisuda Angkatan ke 17 Tahun Pelajaran 2023/2024. “Ada sebanyak 458 siswa/siswi SMKN 1 Barumun. Masing masing dari 8 jurusanTKJ., RPI., TITL., A.V., TKR., TBM, dan Pemesinan., yang dikembalikan ke Orang Tua/ Keluarganya. Pastinya mereka menjadi BMW (Bekerja, Melanjutkan dan Berwirausaha). Program ketiga tersebut, salah satunya harus diraih oleh siswa & siswi SMKN 1 Barumun yang akan lulus tahun ini”, Ujar Bidarlis.

Pengembalian siswa/ siswi kelas XII SMK Negeri 1 Barumun ke Orang Tua/ Keluarganya ada sebanyak 458 orang. Pastinya siswa/siswi tersebut mempunyai Skill dan Kompeten dalam Jurusannya. Sehingga siap bersaing baik di Dunia Usaha dan Dunia Industri. Katanya.



Lebih Lanjut dikatakan Bidarlis didampingi Ketua Panitia Hendra Martua Muda Hasibuan ST di depan para undangan dan Guru SMKN I Barumun., Menjadi anak-anak SMK itu seharusnya mempunyai karakter yang kuat, tidak gampang menyerah, menghadapi tantangan, tidak cepat putus asa,dikatakan Bidarlis, dari seluruh siswa/siswi lulusan kelas XII tersebut, sebagian besar lebih memilih untuk memasuki dunia kerja dibanding melanjutkan pendidikan.

“Yang masuk ke SMK ini mayoritasnya memang selesai SMK langsung kerja. Jadi 50% dari orang itu mau langsung kerja, tapi sekitar 50% rencananya mau kuliah,” dan tahun ini 48 orang siswa/i masuk test Perguruan Tinggi Negeri,”ungkapnya.

Selain itu Ditambahkan Bidarlis, acara pelepasan tidak hanya menjadi momen perpisahan, tetapi juga awal dari babak baru dalam kehidupan para siswa/siswi yang sudah Ia bina selama 3 tahun ini.

“Apa yang dicita-citakan perlu dikejar dengan sekuat tenaga. Anak SMK tidak boleh menganggur harus kerja. Kalau ada uang lanjutkan ke Perguruan Tinggi. Lebih keren lagi bekerja sambil kuliah., sekarang banyak kuliah online,” ketus Bidarlis, seraya melanjutkan acara bersalaman dengan siswa-siswi yang sudah tamat bersama orang tua masing-masing. Serta seluruh guru pendidik dan lainnya.


Kabiro Palas: Armen Hrp.
Komentar

Tampilkan

  • Perpisahan dan Pelepasan Kelas XII SMKN 1 Barumun Angkatan Ke XVII TA 2023/2024, Berlangsung Sukses
  • 0

Terkini