Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Camat Siabu Bacakan Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024.

Sabtu, 01 Juni 2024, 16.09 WIB Last Updated 2024-06-01T09:09:46Z






Madina | jurnalpost.Net

 Camat Siabu, Sudarajat Putra Baubara SH.,M.H menjadi pemimpin Upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di lapangan Kantor Camat Siabu, dihadiri Forkopimca Siabu, Kades, ASN dan Honorer di lingkungan Pemerintah Kecamatan Siabu dan Lintas Sektoral, Sabtu( 1/6/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Camat Siabu membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia,Yudian Wahyudi.





Berikut beberapa petikan amanatnya.

"Pada hari ini, ( tanggal )1 Juni 2024, kita memperingati hari lahir Pancasila.Hari ini ketika bung Karno, sebagai proklamtor Kemerdekaan, bapak Pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 depan sidang badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan( BPUPKI).
Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2024 ini mengambil tema- tema " Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia 2045.
Thema ini mengandung maksud, bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk , Pancasila dengan nilai nilai yang dikandungnya, menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan Citi cita pendirian negara.Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.Di dalam Pancasila terkandung nilai nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.Keberagaman yang ada merupakan. berkat yang dirajut dalam identitas nasional" Bhinneka Tunggal Ika".




Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai nilai Pancasila kedalam aspek kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara.Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah sehingga sampai dengan sangat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leits  star dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa  Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi  sekarang ini.





Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa dan bernegara .Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati  pemilihan rakyat, konstitusi serta persatuan  dan kesatuan bangsa."( Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Camat Siabu Bacakan Amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Dalam Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024.
  • 0

Terkini