Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Kepala LLDIKTI: UMSU Peringkat I PTS di Sumut

Minggu, 18 Agustus 2019, 16.20 WIB Last Updated 2020-11-20T22:44:39Z
Prof Dian Armanto PhD.

GLOBALMEDAN.COM - MEDAN, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menempati peringkat I dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Sumut dan peringkat 75 dari  3.269 perguruan tinggi di Indonesia Tahun  2019 versi kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi.

“Hasil perangkingan dari Kemenristekdikti UMSU memang PTS terbaik di Sumut sekarang ini,” kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumatera Utara, Prof Dian Armanto PhD usai upacara perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 74 di halaman Kantor LLDIKTI Wilayah I Sumut, Jalan Setia Budi Medan, Sabtu (17/8).

Dian Armanto mengatakan, sudah sepantasnya  UMSU dinobatkan sebagai  PTS terbaik di lingkungan LLDIKTI Sumut, karena semua kreteria untuk itu sudah dipenuhi UMSU.

Menurutnya ada beberapa kriteria yang dijadikan rujukan untuk menentukan peringkat performa sebuah perguruan tinggi .

Pertama, derajat akreditasi. Seperti diketahui, kata Dian Armato, UMSU sudah meraih akreditasi “A” untuk institusi.

“Ini merupakan prestasi luar biasa dan membanggakan Sumatera Utara. Karena UMSU adalah satu-satunya PTS yang meraih akreditasi A di Sumatera dan kedua di luar Pulau Jawa,” sebutnya.

Kedua, terkait SDM dosen, yakni  berapa banyak perguruan tinggi itu doktor, Guru Besar, Lektor Kepala.

“Untuk peningkatan kualitas dosen ini, kita melihat komitmen UMSU begitu luarbiasa dan terus menunjukkan akselerasi,” katanya.

Ketiga, terkait kegiatan kemahasiswa, berapa banyak mahasiswa sebuah perguruan tinggi ikut berpartisipasi dan meraih prestasi di setiap  even kompetisi, baik di tingkat internasional, nasional, regional mau pun local.

 “Kita ketahui  pembinaan kegiatan mahasiswa UMSU itu sangat serius dan terprogram dengan baik . Beberapa tahun ini UMSU banyak mencatatkan prestasi  yang mengharumkan nama Sumatera Utara dipelabagi bidang, mulai dari seni-budaya, olahraga dan sebagainya,” katanya.

Keempat, terkait penelitian, pengabdian masyarakat dan penulisan jurnal.

 Untuk bidang ini, kata Dian Armanto, sesuai dengan slogannya Unggul Cerdas Terpercaya, UMSU memang  telah membuktikan diri sebagai  perguruan tinggi yang Unggul.

“Bahkan pihak pengelola UMSU menggelontorkan dana 2 Milyar untuk pembiayaan riset dosennya selain yang didapatkan dari Kemenristekdikti. Ini  bentuk keseriusan dari UMSU yang membuatnya menjadi terbaik di Sumut,” ujarnya.

Ke lima berhubungan dengan inovasi , yakni hasil dari penelitian yang dikembangkan . Untuk hal ini, Dian mengatakan bahwa UMSU juga memperlihtkan keseriusannya.

Dian Armanto berharap ke depan UMSU bisa terus mempertahankan dan meningkatkan performanya.

Tentang akreditasi, katanya, jika ingin mempertahankan ranking, tidak bisa tidak UMSU wajib menambah program studinya yang sudah terakreditasi A .

Selain itu, kata Dian Armanto, sertifikat akreditasi internasional sepertinya sudah mulai dipertimbangkan UMSU.

“Minimal kalau sudah pernah dua kali berturut-turut meraih akreditasi Institusi A, maka dia sudah layak untuk Go Internasional,” pungkasnya. (ima)
Komentar

Tampilkan

  • Kepala LLDIKTI: UMSU Peringkat I PTS di Sumut
  • 0

Terkini