Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Sembilan Mahasiswa Thailand dan Kamboja Kuliah di UMSU

Rabu, 04 September 2019, 03.28 WIB Last Updated 2020-11-20T22:44:25Z
Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin SH MHum pada pembekalan mahasiswa International Thailand dan Kamboja di ruang Mikro Teaching Fakultas Agama Islam kampus Jalan Mukhtar Basri Medan.

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengadakan temu ramah serta pembekalan mahasiswa international Thailand dan Kamboja di ruang Mikro Teaching Fakultas Agama Islam UMSU, kemarin.

 Acara ini dihadiri Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin SH MHum, Dekan Fakultas Agama Islam Dr Muhammad Qorib MA, Ustadz Fajar Mursid Pimpinan Ma’had Abu Ubaidah, Sekretaris LKUI UMSU  Emmi Purwoningsih, M.Kes., BPH UMSU, mahasiswa Kamboja dan Thailand,  serta beberapa civitas akademika UMSU.

Sebanyak 9 mahasiswa, yang terdiri dari 6 mahasiswa Thailand dan 3 mahasiswa Kamboja yang sudah diketahui oleh negara masing-masing untuk mengikuti pembekalan studi selama maksimal 4 tahun di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Sembilan mahasiswa asal Thailand dan Kamboja itu mendapat beasiswa dari UMSU dan Ma’had Abu Ubaidah.

Wakil Rektor I UMSU Dr Muhammad Arifin menyampaikan bahwa UMSU sangat menyambut baik dan bersyukur bisa menjadikan lembaga ini sebagai institusi yang bisa menampung mahasiswa dari negara-negara lain.

UMSU juga, kata dia, mengucapkan selamat datang di Indonesia khususnya Kota Medan kepada mahasiswa dari Thailand dan Kamboja.

 Tentunya ini tidak bisa lepas dari UMSU sebagai suatu institusi yang melandasi dasar keislaman dan juga kepercayaan yang diberikan  pemerintah dari negara yang bersangkutan sebagai legalistas yang diberikan negaranya kepada UMSU untuk mendidik anak mereka.

"Saya yakin, kepercayaan mereka kepada UMSU, karena Muhammadiyah sebagai organisasi terbesar, mungkin ini sudah menjadi rujukan bagi negara-negara yang mayoritas muslim agar mereka bisa mengenal tentang islam yang sejatinya.” katanya.

Ia juga berharap semoga mahasiwa dari Kamboja dan Thailand ini setelah tamat dan kembali nanti agar dapat memberikan penerangan atau penjelasan serta berbakti kepada negaranya yang berbasis islam, sehingga negara yang mereka tempati bisa memahami islam secara utuh.

Sementara itu Dekan Fakultas FAI UMSU Dr. Muhammad Qorib menegaskan kehadiran 9 mahasiswa FAI dari Thailand dan Kamboja merupakan “jihad” Muhammadiyah dalam mengembakan dakwah Islam di kawasan Asia Tenggara.

Hal itu diakui Math Alpy, Ketua Pemuda Muslim Kamboja yang berharap tiga mahasiswa Kamboja itu nantinya akan menjadi dai yang handal. Kata Math Alphy, kini banyak mahasiswa Kamboja yang belajar diberbagai kampus di Indonesia

Diana mahasiswa asal Songklah Thailand bertekad akan menyelesaikan program S1 di UMSU kemudian ia akan melanjutkan studi program S2 di Qatar. (ma)
Komentar

Tampilkan

  • Sembilan Mahasiswa Thailand dan Kamboja Kuliah di UMSU
  • 0

Terkini