Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

178 Calhaj Kabupaten Padang Lawas ikuti Manasik Haj

Selasa, 07 Juni 2022, Juni 07, 2022 WIB Last Updated 2022-06-06T21:14:27Z




Padang Lawas, Jurnal Pos
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji pada Musim Haji tahun 2022 Masehi/1443 Hijriah bagi Calon Haji (Calhaj), yang dilaksanakan di komplek SKPD Terpadu sigalagala Sibuhuan, Senin (6/6/22).

Kegiatan Manasik Haji ini merupakan suatu kewajiban Pemerintah Padang Lawas dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap Calhaj, sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 79 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Plt. Bupati Padang Lawas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi (AZP) dalam arahannya bersyukur pada tahun ini kran pelaksanaan haji telah dibuka kembali setelah 2 tahun ditutup akibat  pandemi Covid-19. Namun Pemerintah Arab Saudi melakukan pembatasan kuota jamaah calhaj tahun 2022.

" Diantara yang 178 orang ini dipilih by sistem berdasarkan nomor urut pendaftar, sehingga kemungkinan ada suaminya ikut namun istrinya tidak ataupun sebaliknya, namun kita harus percaya bahwa semuanya adalah merupakan ketetapan dari Allah SWT sehingga yang berangkat hari ini adalah Jamaah Calon Haji yang benar benar di panggil oleh Allah SWT, ujar AZP.

Tambah AZP, mari kita jaga kesehatan terutama jaga pola makan, istirahat yang cukup, jaga kekompakan dengan melebur perbedaan, satu kloter ini  harus menyatukan hati, saling bahu membahu karena kita satu PADANG LAWAS" , 
Mantapkan tahapan tahapan pelaksanaan ibadah haji, terang AZP.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Padang Lawas H. Abdul Manan MA dalam laporannya menyampaikan bahwa  jemaah calon haji dari Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022/1443 berjumlah 178 orang yang terdiri dari 77 orang laki laki dan 101 orang perempuan serta 1 orang TPHD.

Tujuan dilaksanakannya Manasik haji sebagai wujud dari miniatur pelaksanaan  ibadah haji dan merupakan manasik haji terakhir sebelum jamaah calhaj berangkat tanggal 14 Mei 2022. 

Lebih lanjut kata Abdul Manan, untuk teori dan praktek pelaksanaan ibadah haji telah dilaksanakan dalam 3 zonasi, yaitu : 
Tanggal 19 s/d 20 dilaksanakan di zona Barumun Tengah dan Eks Barumun Tengah,
Tanggal 21 s/d 22 Mei di zona Barumun dan eks Barumun dan Tanggal 23 s/d 24 Mei 2022 di zona Sosa dan eks Sosa, kemudian untuk Kabupaten Padang Lawas tanggal telah dilaksanakan tanggal 25 s/d 26 Mei 2022.

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara  Bahwa Kabupaten Padang Lawas masuk pada Kloter 6 yang direncanakan akan masuk Asrama Haji Medan pada tanggal 15 Mei 2022 pukul 17.00 WIB dan tanggal 16 Mei 2022 pukul 21.00 WIB Jamaah Calhaj akan bertolak dari Bandara Kuala Namu menuju Madinah Al Munawwarah.

Calhaj asal Kabupaten Padang Lawas akan bergabung dengan Calhaj Asal Kota Tanjung Balai sebanyak 58 orang dan Calhaj Kota Medan sebanyak 146 Orang sehingga total Jamaah Calhaj kloter 6 berjumlah 388 orang termasuk petugas haji.

Terakhir Kakan menyampaikan Ucapan terima kasih atas terselenggaranya manasik haji ini " Alhamdulillah, saya atas nama pribadi dan Kementerian Agama Kabupaten Padang Lawas, para pembimbing jamaah calhaj dan seluruh Jamaah calhaj mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt. Bupati AZP dan Pemkab Padang Lawas atas terselenggaranya Manasik Akbar Jamaah Calon Haji Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022, kata Kakan Kemenag diakhir laporannya.

Salah satu Calhaj Ismail Nasution (63) asal Desa Tanjung Barani Kecamatan Batang Lubu Sutam mengungkapkan perasaannya karena di tahun ini ia dapat menjalankan kewajiban Ibadah Haji yang merupakan rukun islam yang ke 5. “Alhamdulillah, saya sangat senang menjadi salah satu jama’ah haji dari Padang Lawas akan berangkat menuaikan Ibadah Haji tahun 2022 ini, dan selama ini saya menabung dan Alhamdulillah saya dapat berangkat ke tanah suci,” terangnya.

Turut Hadir Wakil ketua II DPRD Kab. Padang Lawas  Syahrun Hasibuan, Kajari Padang Lawas Teuku Herizal, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Sibuhuan Lulik Djatikumoro, SH  MH, Ketua Pengadilan Agama Sibuhuan M. Saifuddin SHI, Danramil 09/Sosa Kapten Cpl. MS Nasution, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Pimpinan OPD, para Kabag di Setdakab, Camat se Kabupaten Padang Lawas, Ketua MUI H.Ismail Nasution Lc, Kepala Bank Sumut Cabang Sibuhuan. (Armen Harahap)


(Krs)
Komentar

Tampilkan

  • 178 Calhaj Kabupaten Padang Lawas ikuti Manasik Haj
  • 0

Terkini