Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wujudkan Pengelolaan Arsip Terbaik, Wabup Madina Buka Bimtek Aplikasi Srikandi.

Selasa, 08 November 2022, 14.15 WIB Last Updated 2022-11-08T07:16:04Z

Madina | jurnalpost.net

- Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Aula Ladang Sari, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Senin (7/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 November 2022 ini turut dihadiri Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah II.A Anri Dra Sulistyowati, Asisten I Setdakab Madina Sahnan Pasaribu, Asisten II Setdakab Madina dr. Syafruddin, Kadis Kominfo Martua Batubara dan pimpinan OPD lainny.

Dalam sambutannya, Dra Sulistyowati berharap dengan kerjasama ini dapat mewujudkan perkembangan teknologi yang serba cepar dan digital.
"Kami mewakili arsip nasional memberi apresiasi kepada Pemkab Madina yang sangat agresif dalam arti positif intuk mengembangkan aplikasi Srikandi ini," kata Sulistiyowati.

Sulistiyowati mengatakan aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) merupakan salah satu aplikasi umum yang ditetapkan oleh kementerian kominfo dan telah dikembangkan Andri untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat-menyurat dan arsip elektronik secara terintegrasi. 

Srikandi, kata Sulistiyowati merupakan wujud dari pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE) untuk sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan kearsipan nasional khususnya di bidang digitalisasi persuratan dan kearsipan dinamis.

"Ini menjadi prioritas Nasional. Untuk Madina 
seharusnya mendapat jatah ditahun 2024. Namun Madina jemput bola di tahun 2022," Katanya.
Sementara Wabup Madina Atika Azmi Utammi Nasution mengatakan tujuan aplikasi Srikandi untuk mempercepat pekerjaan, meningkatkan kinerja produktivitas dan efektivitas, serta bisa berkomunikasi internal maupun lintas lembaga dan dapat mengakses informasi.

"Perlu juga saya ingatkan bahwa pentingnya pengelolaan arsip di lingkungan Pemkab arsip sebagai sebuah rekaman kegiatan yang direkam dalam berbagai bentuk dan media, harus juga merupakan sebuah aset berharga yang merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dilestarikan. Bahkan tingkat keberadaan suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan serta pelestarian terhadap arsipnya," kata Atika.

Atika berharap dengan bimtek aplikasi Srikandi di Pemerintah Kabupaten Madina dapat terwujud penyelenggaraan kearsipan berbasis teknologi informasi komunikasi sehingga lebih efektif dan efisien dalam proses administrasi pemerintahan.

"Atas dasar itulah kegiatan Bimtek ini menjadi suatu hal yang perlu dilaksanakan. Kepaada para narasumber saya berharap dapat berbagi ilmu guna meningkatkan SDM yang lebih berkualitas khususnya Dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pengabdian kepada masyarakat," kata Atika.(Zakaria)
  
  Editor (kr Sinaga)
Komentar

Tampilkan

  • Wujudkan Pengelolaan Arsip Terbaik, Wabup Madina Buka Bimtek Aplikasi Srikandi.
  • 0

Terkini