Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Pengabdian USU di Desa Tipang Humbahas Hasikan Banyak Perobahan.

Rabu, 29 Maret 2023, 04.19 WIB Last Updated 2023-03-28T21:19:45Z


Doloksanggul | jurnalpost.net

Kabupaten Humbang Hasundutan,Desa Tipang di kecamatan Baktiraja salah satu Desa tempat Pengabdian Universitas Sumatera Utara (USU).Desa ini memiliki panorama yang alam yang indah serta wisata budaya dan sejarah yang sangat untuk di eksplorasi.Beragam Potensi Wisata menarik seperti air terjun si gota gota dan Sampuran Sipultak Hoda jadi salah satu keistimewaan Desa yang berbatasan dengan kabupaten Samosir.

Dilansir dari detik edu Ketua Tim pengabdian masyarakat USU di Desa Tipang,Prof Dr.Robert Sibarani,MS dalam keterangannya menuturkan ada perubahan yang dihasilkan melalui pengabdian masyarakat yang dilakukan USU.

Perobahan yang terjadi di Desa Tipang membawa rejeki tersendiri dengan terpilihnya Desa Tipang masuk kedalam 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021 juga hasil buah kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.Hal ini secara bertahap telah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Desa tersebut, sebagaimana di ungkapkan masyarakat dan kepala Desa setempat 23 Januari 2023.
Lantas apa saja perobahan yang terjadi di Desa Tipang?

Adanya atraksi Wisata, adapun Saat ini yang sudah berhasil dibuat, yakni; atraksi berbasis budaya, yang disebut dengan atraksi Si Hole Aek (Pekerja irigasi)
Atraksi ini sudah 2X tampil di depan Umum dan mendapatkan sambutan yang antusias dari Wisatawan.Atraksi budaya tersebut diciptakan melalui penelitian penelitian budaya yang dilakukan sebelum oleh Dosen USU dengan melibatkan masyarakat setempat.

Amenitas yang difokuskan kepada Something to buy dan Something to do , seperti adanya Cendramata Khas setempat, restoran/rumah makan, homestay, toilet, parkir dan sebagainya.

Robert mengatakan bahwa pihaknya berhasil mendorong pariwisata dan masyarakat untuk membuat homestay di Desa Tipang yang bisa di manfaatkan, oleh para mahasiswa KKN, maupun Wisatawan.Saat ini sudah banyak homestay di Desa Tipang yang didirikan, selain penginapan penginapan kecil .

Aksesibilitas, dimana USU sudah memfasilitasi 4.500 MTR Jalan setapak untuk ekowisata, yang menjadi akses bagi para wisatawan untuk menunjuk ke puncak air terjun.Adapun akses tersebut dulunya tidak ada,karena hanya pekerja irigasi yang menggunakan jalur dari Sawah menuju air terjun.

Perobahan dalam ancillary dan meningkatkan pelayanan melalui pegiat pegiat wisata, Kelompok sadar wisata, tokoh adat, tokoh masyarakat,kaum Ibu,anak muda dan anak anak.Mereka di edukasi tentang cara melayani, membantu wisatawan dan memberi keramah tamahan ke wisatawan.

Comfort and safety, tentang bagaimana menjaga keamanan, kebersihan ketertiban,agar tidak menggangu wisatawan dan memberi rasa aman terhadap keberadaan mereka beserta barang bawaannya.Media Yang digunakan melalui sosialisasi dan pelatihan.(Jandi P)




Komentar

Tampilkan

  • Pengabdian USU di Desa Tipang Humbahas Hasikan Banyak Perobahan.
  • 0

Terkini