Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Wakil Ketua DPRD Langkat Tanam Pohon di Peringatan Hari Air Sedunia

Selasa, 22 Maret 2022, Maret 22, 2022 WIB Last Updated 2022-03-22T14:48:30Z

 

Langkat | Jurnal Post

Memperingati Hari Air Sedunia yang setiap tahunnya diperingati tanggal 22 Maret, di Kabupaten Langkat diperingati dengan cara penanaman seribu pohon bertempat di Lau Juhar Dusun VII Tanjung Bunga Desa Garunggang Kecamatan Kuala, Selasa (22/3/2022).

Lokasi yang berada di daerah perbukitan milik warga yang bernama Tamba itu dijadikan panitia dari Kongsi Production bekerja sama dengan Kader Konservasi Sumut dan Forum Wampu Sumut yang menginisiasi kegiatan itu dengan melakukan penanaman seribu pohon berbagai jenis pohon sepeti pohon aren, gaharu, duku dan lainnya.

Para pejabat pemerintahan hadir diacara itu seperti Wakil Ketua DPRD Langkat Antoni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hermansyah, yang mewakili Kapolres dan Dandim, Ketua Forum DAS Wampu Prof Abdul Rauf, Dirut PDAM Tirta Wampu Herman Sukendar Harahap, kader-kader konservasi, para mahasiswa dari 12 universitas di Sumatera Utara yang turut berkontribusi untuk menanam pohon diperingatan Hari Air Sedunia.

Wakil Ketua DPRD Langkat Antoni yang didaulat oleh panitia untuk memberikan kata sambutan menyatakan salut dan bangga serta mengapresiasi apa yang diinisiasi panitia dan semua pihak terkait.

Menurutnya dengan menanam pohon merupakan salah satu cara menjaga keberlangsungan keberadaan alam, yang mana pohon berkontribusi untuk ketersediaan air, khususnya air sungai Wampu di Kabupaten Langkat. Selain itu pohon dapat mengeluarkan oksigen yang sangat dibutuhkan manusia.

Antoni mengucapkan terima kasih kepada pemilih lahan yang telah menyediakan areal untuk ditanami pohon. “Kepada pak Tamba, saya ucapkan terima kasih, semoga ini dapat menjadi contoh bagi yang lain dan menjadi amal jariyah, semoga dari niat baik ini tentunya menghasilkan yang baik pula,” ucapnya.

Ia mengajak semua pihak agar pohon-pohon yang ditanam dapat terjaga dengan baik demi kelestarian alam.

“Hari ini kita menyatu dengan alam, semoga alam bersahabat dengan kita dan terjaga alam Kabupaten Langkat,” harapnya. 

Sebelumnya Ketua Forum DAS Wampu Prof Abdul Rauf menjelaskan fungsi forumnya untuk menjaga agar air sungai tetap mengalir dengan jernih. Peran semua pihak untuk menjaga daerah aliran sungai (DAS) Wampu juga sangat diharapkannya. Dengan pohon yang ditanam semoga dapat menjaga air bersih harapnya.

 Di acara itu juga, Prof Abdul Rauf menginisiasi untuk mengumpulkan donasi dari orang-orang yang hadir demi perawatan pohon yang ditanam. Terkumpul lah dana berkisar 2 juta yang diserahkan kepada pak Purnama yang dipercayakan untuk merawat pepohonan di lokasi yang ditanam. (Sahrul)


Komentar

Tampilkan

  • Wakil Ketua DPRD Langkat Tanam Pohon di Peringatan Hari Air Sedunia
  • 0

Terkini