Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah, Atika sampaikan Daerah Harus Memberi Dampak Positif Bagi Pembangunan.

Selasa, 09 Mei 2023, 17.06 WIB Last Updated 2023-05-09T10:07:15Z



Madina | jurnalpost.net

 Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) pimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII Tahun 2023 di Pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sumut, Senin (8/5/2023).
OTDA tahun ini mengangkat tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Atika saat membacakan pidato Menteri Dalam Negeri Jenderal Purn Prof. DRS. h Muhammad Tito Karnavian menyampaikan tujuan otonomi daerah pada hakekatnya adalah pemberian sebagian besar kewenangan khususnya kewenangan konferen yang diberikan kepada daerah.

Dalam perjalanannya, kata atika, terdapat beberapa dinamika dalam praktik penerapan otonomi daerah terutama yang berkaitan dengan masalah kewenangan pusat dan daerah di beberapa tingkat.

Atika juga mengatakan terlepas dari adanya dinamika tersebut pada prinsipnya pemberian sebagian kewenangan kepada daerah sejatinya bertujuan untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal yang ditandai dengan besarnya pendapatan Hasil Daerah (PAD) untuk membiayai dirinya sendiri, sehingga mengurangi ketergantungan kepada pemerintah pusat.

"Capaian pelaksanaan otonomi daerah terbukti dengan keberhasilan pemerintah daerah dalam mendukung program nasional," kata Atika.

Program nasional yang tercapai, kata Atika, seperti menurunnya Angka kemiskinan pada tahun 2022 mencapai 9,57% turun sebesar 1,65% sejak tahun 2015 sebesar 11,22%. 

Lebih lanjut, Atika menyampaikan, program penurunan stunting pun juga memberikan hasil positif pada tahun 2022 tercatat sebesar 21,6% turun sebesar 14,8% dibanding tahun 2015 sebesar 36,4%.

Selain itu, Atika juga menyampaikan,  berdasarkan data laporan Badan Pusat Statistik tahun 2023 angka indeks pembangunan manusia pada tahun 2022 juga tercatat mengalami peningkatan pada angka 72,91 meningkat sebesar 3,36 poin dibandingkan tahun 2015 yang berada pada angka 69,55.

"Menteri Dalam Negeri ingin mengingatkan kembali kepada kita arahan bapak presiden pada rapat koordinasi nasional kepala daerah dan forkopimda di Sentul International Convention Center tanggal 17 Januari 2023 yang lalu utamanya terkait pengendalian inflasi tahun 2023 serta dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk menjaga ketersediaan pasokan, keterjagaan harga pangan daya beli masyarakat dan dukungan kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah," kata Atika.

Usai upacara Atika menyerahkan penghargaan kepada Camat Batang Natal dan Kepala Dinas Kesehatan.

Atika menyampaikan penghargaan diberikan kepada OPD agar bekerja lebih maksimal untuk kemajuan Madina.(Zakaria)
Komentar

Tampilkan

  • Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah, Atika sampaikan Daerah Harus Memberi Dampak Positif Bagi Pembangunan.
  • 0

Terkini